Apa Sajakah yang Sebenarnya Wajib Dilakukan dalam Qingming atau Chengbeng?

Standar

Yang utama adalah niat yang tulus yang dilandasi dengan rasa bakti, hormat dan bersyukur kepada leluhur kita. Kita semua mungkin pernah dengar istilah “Bai Shan Xiao Wei Xian” yang artinya kira – kira adalah sbb : “Di antara ratusan jenis kebajikan, yang paling utama adalah bakti.” Dalam agama apapun, bakti juga menduduki posisi penting yang wajib dilaksanakan oleh umatnya, terutama terhadap orang tuanya.

Kenapa harus ada perasaan bersyukur juga ? Istilah “Yin SHui Yao Shi Yuan” mungkin pernah didengar oleh kita juga. Artinya kira – kira sbb : :Minum air harus tahu sumbernya.” Hari ini ada kita di dunia ini, tidak terlepas dari perjuangan dan pengorbanan leluhur kita, utamanya orang tua kita. Tanpa adanya jodoh karma dengan mereka, kita mungkin tidak bisa lahir ke dunia ini. Jadi apakah pantas bila kita tidak mensyukuri jalinan jodoh ini ?

Semangat dan jiwa dari cheng beng sebenarnya sudah banyak yang bergeser. Pada zaman dulu, anak maupun sanak saudara yang mengadakan cheng beng selalu membersihkan kuburan leluhur mereka sendiri, mencabut rumput, bahkan ada yang sampai mencat kuburan supaya tampak bersih, indah dan baru. Tapi saat ini, jarang sekali kita lihat ada yang begitu lagi. Semua menggunakan uang untuk membayar jasa orang yang mengerjakan itu semua.

Sedangkan untuk sajian, sebenarnya tidak ada ketentuan atau paksaan yang mengharuskan begini dan begitu. Itu semua kembali pada kemampuan dan keihklasan kita masing – masing. Boleh buah, kue, nasi dengan lauknya, air minum ataupun berbagai jenis permen dan manisan. Namun alangkah baiknya bila sajian itu tidak mengandung unsur – unsur yang berdarah supaya tidak ada jalinan karma buruk baru yang muncul akibat mengorbankan makhluk – makhluk lain untuk kepentingan kita.

Yang terpenting adalah perbanyak doa dan perbanyak kebajikan atas nama leluhur kita supaya mereka lebih cepat terlahir ke alam bahagia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s