Seri Petenis Wanita Terbaik Sepanjang Masa : Arantxa Sanchez Vicario

Standar

Aránzazu ‘Arantxa’ Isabel Maria Sánchez Vicario lahir pada tanggal 18 Desember 1971 di Barcelona, Spanyol. Ia adalah mantan petenis profesional  nomor satu dunia dari Spanyol. Ia telah memenangkan 4 gelar tunggal, 6 gelar ganda dan 4 gelar ganda campuran Grand Slam.

 

Sanchez Vicario mulai bermain tenis di usia 4 tahun, ketika ia mengikuti saudara laki – lakinya yang lebih tua, Emilio Sanchez dan Javier Sanchez (keduanya juga menjadi petenis profesional) ke lapangan serta memukul bola melawan dinding dengan raket pertamanya.

 

Di usia 17 tahun, ia menjadi juara termuda yang memenangkan gelar tunggal putri Prancis Terbuka setelah mengalahkan petenis nomor satu dunia, Steffi Graf di final. Rekor ini kemudian dipecahkan oleh Monica Seles di tahun berikutnya yang memenangkan trofi kejuaraan ini di usianya yang ke – 16 tahun.

 

Sanchez Vicario dengan cepat membangun reputasi di tour WTA karena sifat ngotot dan pantang menyerahnya. Komentator Bud Collins menggambarkannya sebagai “yang tidak henti – hentinya dalam menentukan pengejaran terhadap bola tenis dalam rangka mengacaukan semangat lawan” dan menjulukinya sebagai “Barcelona Bumblebee”

 

Ia mengantongi 6 gelar ganda Grand Slam, termasuk gelar AS Terbuka di tahun 1993 (berpasangan dengan Helena Sukova) dan Wimbledon di tahun 1995 (berpasangan dengan Jana Novotna).

 

Di tahun 1991, ia membantu Spanyol untuk memenangkan Piala Federasi untuk pertama kalinya dan juga membantu Spanyol untuk memenangkan piala yang sama di tahun 1993, 1994, 1995 dan 1998. Ia mencatatkan rekor sebagai pemain yang paling banyak meraih kemenangan di pertandingan Piala Federasi (72) dan pemain yang paling banyak terlibat (58).

 

Sanchez Vicario juga menjadi anggota tim Spanyol saat memenangkan Piala Hopman di tahun 1990 dan 2002.

 

Sepanjang kariernya, Sanchez Vivario telah memenagkan 29 gelar tunggal dan 69 gelar ganda sebelum pensiun di bulan November 2002. Ia muncul di tahun 2004 pasca pengunduran dirinya untuk bermain di nomor ganda di beberapa turnamen pilihan seperti Olimpiade Musim Panas 2004 dimana ia menjadi satu – satunya petenis yang bermain di 5 Olimpiade sepanjang sejarah pertandingan ini. Sanchez Vicario adalah peserta Olimpiade yang paling cemerlang dalam sejarah Spanyol dengan perolehan empat medali – dua perak dan dua perunggu.

 

Di tahun 2005, majalah TENNIS menempatkannya di posisi ke – 27 dalam daftar “40 Petenis Terhebat dalam Era Tenis” dan di tahun 2007, ia dilantik dalam International Tennis Hall of Fame. Ia adalah petenis Spanyol ketiga dan petenis wanita Spanyol pertama yang mendapat kehormatan ini.

 

Di tahun 2009, Sanchez Vicario hadir dalam upacara pembukaan Madrid’s Caja Magica, tempat penyelenggaraan baru untuk turnamen Madrid Masters. Lapangan kedua di tempat ini dinamakan Lapangan Arantxa Sanchez Vicario untuk menghormatinya.

 

Daftar gelar Juara Grand Slam yang dimenangkan oleh Sanchez Vicario :

 

1. Australia Terbuka

Ganda Putri                   :    1992, 1995, 1996

Ganda Campuran        :    1993

 

2. Prancis Terbuka

Tunggal Putri               :    1989, 1994, 1998

Ganda Campuran        :    1990, 1992

 

3. Wimbledon

Ganda Putri                   :    1995

 

4. AS Terbuka

Tunggal Putri                :    1994

Ganda Putri                   :    1993, 1994

Ganda Campuran        :    2000

 

 

About springocean83

I'm a quiet shy man who have soft feeling but can be hot and have more attention if meet anyone who honest and have more understanding of each other. I like travelling, swimming and reading. The most bored thing for me is PARTY because I'm a personal who like peaceful and equanimity.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s