Seri Petenis Wanita Terbaik Sepanjang Masa : Evonne Goolagong Cawley

Standar

Evonne Fay Goolagong Cawley AO, MBE lahir pada tanggal 31 Juli 1951 di Griffith, New South Wales. Ia adalah mantan petenis putri nomor satu dunia dari Australia. Ia termasuk salah satu dari petenis terkemuka dunia di tahun 1970-an dan awal 1980-an. Ia telah mengoleksi 14 gelar Grand Slam, yang terdiri dari 7 gelar tunggal, 6 gelar ganda dan 1 gelar ganda campuran.

 

 

Goolagong adalah anak ketiga dari delapan bersaudara dari sebuah keluarga keturunan suku Aborigin. Ia tumbuh besar di sebuah kota kecil bernama Barellan. Meskipun pada saat itu orang Aborigin menghadapi diskriminasi yang meluas di daerah pinggiran, Goolagong masih bisa bermain tenis di Barellan pada masa kanak – kanaknya karena kebaikan dari salah seorang warga, Bill Kurtzman yang melihatnya mengintip dari celah pagar lapangan tenis lokal dan mengajaknya untuk masuk dan ikut bermain.

 

Pada tahun 1967, Vic Edwards, pemilik dari sekolah tenis di Sydney, diberi informasi oleh dua asistennya dan pergi ke Barellan untuk melihat Goolagong remaja dan segera menemukan potensinya. Ia membujuk orang tua Goolagong untuk mengizinkannya pindah ke Sydney dimana ia disekolahkan di Sekolah Tinggi khusus Perempuan Willoughby. Di sekolah ini, ia mendapatkan Sertifikat Kelulusannya di tahun 1968. Pada saat yang sama, ia mulai berlatih di bawah asuhan Edward dan tinggal di rumah sang pelatih.

 

Goolagong memenangkan tujuh gelar tunggal dari total 18 pencapaian di final Grand Slam sepanjang kariernya. Selama tahun 1970-an, ia bermain di 17 final tunggal Grand Slam, sebuah rekor di antara petenis putra dan putri. Antara tahun 1973 dan 1978, ia mencapai final di hampir semua kejuaraan Grand Slam yang ia ikuti. Hanya ada satu pengecualian. Setelah kalah dari Billie Jean King di semifinal Wimbledon 1973, Goolagong selalu mencapai final Grand Slam seterusnya hingga ia dikalahkan oleh Martina Navratilova di semifinal Wimbledon 1978. Catatan buruknya selama periode lima tahun ini adalah kalah di perempat final Wimbledon dari petenis Australia lainnya, Kerry Melville Reid. Pada tahun ini, Goolagong berpasangan dengan Peggy Michel dan memenangkan gelar ganda putri AS Terbuka.

 

Ia adalah satu satunya petenis berstatus seorang ibu yang memenangkan gelar Wimbledon sejak sebelum Perang Dunia I. Setelah menikah dengan Roger Cawley di tahun 1975, ia melahirkan seorang anak perempuan di tahun 1977. Di tahun 1980, ia meraih gelar tunggal Wimbledon.

 

Goolagong mencapai final AS Terbuka selama 4 kali berturut – turut, namun semuanya berakhir dengan kekalahan. Namun ini menjadi rekor tersendiri karena ia menjadi satu – satunya petenis di era keterbukaan yang kalah di final untuk empat kali berturut – turut dan juga satu – satunya wanita yang melakukannya di kejuaraan AS Terbuka.

 

Goolagong juga mengukir prestasi dengan mencapai final Australia Terbuka selama 7 tahun berturut – turut dan memenangkan 4 diantaranya secara berturut – turut juga. Kedua hal ini juga mencatatkan rekor dalam era ini, meskipun ia tidak ikut bertanding di kejuaraan bulan Januari 1977.

 

Meskipun berhasil menembus final di dua penampilan pertamanya di tahun 1971 dan 1972, setelah 1973, Goolagong tidak pernah mengikuti kejuaraan Prancis Terbuka selama satu dekade.  Ia kembali di tahun 1983 untuk pertandingan tunggal Grand Slam terakhirnya. Ia dikalahkan oleh Chris Evert dan menyatakan sudah waktunya pensiun.

 

Museum Nasional Australia memajang koleksi kenang – kenangan dari  Evonne Goolagong Cawley, termasuk trofi tunggal Wimbledon yang dimenangkan Evonne di tahun 1971 dan 1980, trofi ganda putri yang dimenangkannya di tahun 1974 serta dua raket yang digunakannya dalam turnamen – turnamen ini. Koleksi museum ini juga mencakup sebuah jaket yang ditandatanganinya dan sebuah gaun dengan gaya atasan bolero yang didesign oleh Teddy Tinling di awal tahun 1970-an.

 

Goolagong menduduki peringkat nomor satu dunia selama dua minggu di tahun 1976, walaupun tidak dilaporkan pada saat itu karena tidak lengkapnya data yang diperlukan untuk menghitung peringkat. Hal ini baru ditemukan 31 tahun kemudian, tepatnya pada Desember 2007. Ia adalah wanita yang ke – 16 yang memegang posisi teratas.

 

Ia dianugerahi penghargaan Australian of The Year di tahun 1971 dan MBE di tahun 1972.

 

Daftar gelar Juara Grand Slam yang dimenangkan oleh Goolagong :

 

1. Australia Terbuka

Tunggal Putri       :    1974, 1975, 1976, 1977

Ganda Putri          :    1971, 1974, 1975, 1976, 1977

 

2. Prancis Terbuka

Tunggal Putri        :   1971

Ganda Campuran :   1972

 

3. Wimbledon

Tunggal Putri        :   1971, 1980

Ganda Putri          :    1974

About springocean83

I'm a quiet shy man who have soft feeling but can be hot and have more attention if meet anyone who honest and have more understanding of each other. I like travelling, swimming and reading. The most bored thing for me is PARTY because I'm a personal who like peaceful and equanimity.

One response »

  1. Thank you for some other fantastic post. Where else may just anyone get that kind of information
    in such an ideal means of writing? I’ve a presentation subsequent
    week, and I’m at the search for such info.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s