Seri Petenis Wanita Terbaik Sepanjang Masa : Virginia Wade

Standar

 

Sarah Virginia WadeOBE lahir pada tanggal 10 Juli 1945 di Bournemouth, Inggris. Ia adalah mantan pemain tenis dari Inggris.  Sepanjang karirnya, ia telah memenangkan tiga gelar tunggal dan empat gelar ganda Grand Slam.

Wade belajar tenis saat di Afrika Selatan ketika berusia satu tahun. Saat itu orang tuanya pindah ke sana. Ketika berusia 15 tahun, ia dan keluarganya pindah balik ke Inggris dan ia pun disekolahkan di Tunbridge Wells Girls’ Grammar School and Talbot Heath School. Kemudian ia melanjutkan ke Universitas Sussex dan mengambil jurusan matematika serta fisika dan tamat di tahun 1966.

Karier tenis Wade membentang mulai dari akhir periode amatir sampai awal era keterbukaan. Di Tahun 1968, ia menorehkan dua catatan yang pertama. Sebagai seorang amatir,, ia menjuarai kompetisi di British Hard Court Open di Bournemouth. Lima bulan kemudian, ia beralih ke profesional dan meraih gelar tunggal putri di Kejuaraan AS Terbuka yang pertama dengan mengalahkan Billie Jean King.

Gelar tunggal Grand Slam kedua diraihnya di Australia Terbuka 1972. Di final kejuaraan ini, ia menundukkan petenis Australia, Evonne Goolagong Cawley dengan straight set.

Kemenangan Wade yang paling diingat adalah di Wimbledon 1977. Ini adalah tahun ke – 16nya bermain di Wimbledon dan ini menjadi penampilan pertamanya di final kejuaraan bergengsi ini. Dengan mengalahkan juara bertahan Chris Evert di semifinal dengan rubber set, Wade melaju ke final dan menundukkan Betty Stove. Tahun ini bukan hanya merupakan tahun ke – 100 berdirinya Kejuaraan Wimbledon, namun juga bertepatan dengan perayaan 25 tahun bertahtanya Ratu Elizabeth II (Silver Jubilee). Ratu menghadiri kejuaraan Wimbledon ini untuk pertama kalinya dalam 25 tahun untuk menyaksikan final antara Wade dan Stove. Dalam usianya yang ke – 32 kurang 9 hari, Wade menerima trofi dari Ratu Elizabeth II dan penonton di lapangan tengah larut dalam paduan suara serta menyanyikan lagu For She’s a Jolly Good Fellow!” untuk merayakan kemenangannya.

Gelar ganda Grand Slam diraihnya saat berpasangan dengan Margaret Smith Court. Dua di antaranya adalah dari kejuaraan AS Terbuka, satu di Australia Terbuka dan satu lagi di Prancis Terbuka. Selama 26 tahun perjalanan kariernya, ia telah memenangkan 55 gelar tunggal professional. Wade mengundurkan diri dari kompetisi tunggal di akhir tahun 1985 dan dari nomor ganda di akhir tahun 1986.

Sejak tahun 1981, Wade telah menjadi reporter untuk kejuaraan tenis bagi BBC (British Broadcasting Corporation). Di tahun 1982, ia menjadi wanita pertama yang ditunjuk menjadi anggota Komite Wimbledon.

Di tahun 1983, pada saat berumur 37 tahun, ia yang berpasangan dengan petenis Rumania, Virginia Ruzici memenangkan gelar ganda di kejuaraan Italia Terbuka.

Wade telah berpartisipasi dalam pertandingan tunggal putri di turnamen Wimbledon sebanyak 24 kali dan ini menjadi rekor sepanjang masa.

Di tahun 1989, ia dilantik ke dalam the International Tennis Hall of Fame di Newport, Rhode Island.

Daftar gelar Juara Grand Slam yang dimenangkan oleh Wade :

1. Australia Terbuka

Tunggal Putri       :    1972

Ganda Putri          :    1973

2. Prancis Terbuka

Tunggal Putri       :    –

Ganda Putri          :   1973

3. Wimbledon

Tunggal Putri       :    1977

Ganda Putri          :    –

4. AS Terbuka

Tunggal Putri       :    1968

Ganda Putri          :    1973, 1975

 

 

 

 

 

About springocean83

I'm a quiet shy man who have soft feeling but can be hot and have more attention if meet anyone who honest and have more understanding of each other. I like travelling, swimming and reading. The most bored thing for me is PARTY because I'm a personal who like peaceful and equanimity.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s