Seri Petenis Wanita Terbaik Sepanjang Masa : Tracy Austin

Standar

Tracy Ann Austin Holt lahir pada tanggal 12 Desember 1962 di Palos Verdes, California. Ia adalah mantan petenis nomor satu dunia dari Amerika Serikat yang telah mengantongi gelar tunggal putri AS Terbuka 1979 dan 1981 serta ganda campuran Wimbledon 1980, sebelum rangkaian cedera mengakhiri kariernya.

Austin mengalahkan petenis berusia 35 tahun, Billie Jean King in di perempat final Wimbledon 1979 sebelum dikalahkan oleh Martina Navratilova di semifinal dengan straight set. Austin kemudian menjadi juara termuda yang pernah ada di AS Terbuka dengan merebut trofi kejuaraan ini saat usianya 16 tahun 9 bulan. Di final ini, ia mengalahkan Chris Evert yang mengincar gelar ke – 5 berturut – turutnya dengan straight set langsung. Sebelumnya, Austin di awal tahun ini juga mematahkan kemenangan 125 beruntun Evert di lapangan tanah liat dengan menundukkannya di semifinal Italia Terbuka.

Di tahun 1980, Austin kalah di semifinal dua turnamen Grand Slam, yakni di Wimbledon oleh Evonne Goolagong Cawley dan di AS Terbuka oleh Chris Evert. Austin menduduki peringkat satu dunia pada periode 1980/1981 karena kemenangannya di dua turnamen. Pertama di Avon Championship pada bulan Maret 1980 dengan mengalahkan Martina Navratilova. Kedua di Colgate Series Championship pada bulan Januari 1981 dengan mengalahkan Andrea Jaeger. Di tahun 1980, Austin yang berpasangan dengan saudara laki – lakinya, John memenangkan gelar ganda campuran Wimbledon. Ini menjadi pasangan dua bersaudara pertama yang pernah menjuarai gelar Grand Slam bersama – sama.

Selama empat bulan pertama tahun 1981, Austin hanya bermain di dua kejuaraan karena cedera kronis. Di lapangan rumput, ia memenangkan kejuaraan di Eastbourne, Inggris tanpa kehilangan satu set pun sebelum Pat Shriver mengalahkannya di perempat final Wimbledon dengan skor 7-5 6-4. Austin kemudian memenangkan 26 pertandingan beruntun dan empat kejuaraan beruntun.Ia mengalahkan Shriver di final kejuaraan San Diego dan tiga bulan kemudian, ia mengalahkan Navratilova dan Evert  untuk menjuarai Kanada Terbuka di Toronto.

Sebagai unggulan ke – 3 di AS Terbuka, ia mengalahkan Navratilova di final dengan rubber set. Akan tetapi, Navratilova berhasil membalaskan kekalahannya di final U.S. Indoor Championship. Selama musim gugur kompetisi di Eropa, Austin dikalahkan Sue Barker di perempat final turnamen di Brighton, Inggris. Namun ia bangkit dan menjuarai turnamen Stuttgart di Jerman Barat dengan mengalahkan Navratilova.

Austin adalah rival pertama Steffi Graf saat Graf memulai debut profesionalnya di Porsche Tenis Grand Prix di Stuttgart pada tahun 1972. Saat itu Graf baru berusia 13 tahun dan ia ditaklukkan Austin dengan straight set 6-4 6-0.

Di final turnamen Grand Slam tahun ini, Austin dikalahkan oleh Shriver di perempat final Australia Terbuka. Namun ia berhasil menjadi jawara di Toyota Series Championship di akhir tahun dengan mengalahkan Evert dan Navratilova.

Cedera punggung dan linu panggul yang berulang kemudian mulai mempengaruhi permainannya. Sebagai unggulan ke – 3 di Wimbledon 1982, ia dijungkalkan oleh King di perempat final.Beberapa minggu kemudian, Austin bisa bangkit dan menjuarai gelar ke – 30nya di San Diego. Penampilan terbaiknya yang terakhir adalah di Toyota Series Championship dimana ia berhasil mengalahkan petenis nomor tiga dunia, Jaeger dengan straight set untuk mencapai semifinal. Akan tetapi, ia tidak bisa mengulang kemenangannya di tahun lalu dan menyerah pada Evert dengan skor 6-0 6-0 dalam waktu kurang dari 50 menit. Di tahun 1983, sebelum ulang tahunnya yang ke – 21, Austin mengakhiri kariernya sebagai petenis 10 besar dunia.

Austin memulai debut kembalinya di tahun 1988 saat ia bermain di tujuh turnamen ganda dan di tahun 1989 ketika ia mengikuti satu turnamen ganda dan dua turnamen tunggal. Aksi kembalinya ini berakhir karena kecelakaan motor yang cukup fatal.

Aksi kembali keduanya dimulai pada tahun 1993 dan 1994 namun hampir tidak menunjukkan keberhasilan. Di turnamen Evert Cup di Indian Wells, California, ia ditundukkan oleh petenis nomor satu dunia saat itu, Steffi Graf dengan skor telak 6-0 6-0. Di bulan Juli 1994, ia mengundurkan diri dari tenis profesional.

Pada tahun 1992, Austin menjadi petenis termuda yang dilantik ke dalam the International Tennis Hall of Fame.

Daftar gelar Juara Grand Slam yang dimenangkan oleh Austin :

1. Australia Terbuka

Tunggal Putri       :    –

Ganda Putri          :    –

2. Prancis Terbuka

Tunggal Putri       :    –

Ganda Putri          :   –

3. Wimbledon

Tunggal Putri       :    –

Ganda Campuran :    1980

4. AS Terbuka

Tunggal Putri       :    1979, 1981

Ganda Putri          :    –

 

 

About springocean83

I'm a quiet shy man who have soft feeling but can be hot and have more attention if meet anyone who honest and have more understanding of each other. I like travelling, swimming and reading. The most bored thing for me is PARTY because I'm a personal who like peaceful and equanimity.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s