Tabib Agung China Kuno : Sun Si Miao

Standar

Sun Simiao yang digelari sebagai Raja Obat China dan Tabib Agung Sun, adalah seorang tabib China terkenal. Dia juga menjaga kesehatan dengan mempraktekkan latihan qigong.

 

Sun dilahirkan di masa Dinasti Wei Barat. Konon, menurut legenda yang ada, dia hidup hingga usia 141 tahun. Sun memutuskan untuk mempelajari ilmu kesehatan sebab ketika muda, sering kali jatuh sakit. Dia sangat mahir di bidang kebudayaan klasik China, sejarah China, dan mengajar ratusan sekolah.

 

Dia mampu mengingat ribuan kalimat setiap hari di usia 7 tahun. Untuk keahliannya menghafalkan artikel harian yang memuat lebih dari 1.000 kata, dia dianugerahi gelar sebagai anak suci.

 

Di usia 20 tahun, dia telah mahir mendiskusikan teori Lao Zi dan Zhuang Zi dan juga ahli kitab klasik Buddha.

 

Sun menolak tawaran untuk menjadi pejabat pemerintah selama masa pemerintahan Dinasti Sui dan Tang. Sampai-sampai Kaisar Dinasti Tang, Li Shimin, menyempatkan diri untuk menemuinya.

 

Ketenaran Sun Simiao didapatkan setelah dia berhasil meringkas pengalaman klinis dan teori medis sebelum masa Dinasti Tang dan mengumpulkannya ke dalam dua buku medis, Qian Jin Yao Fang (Resep Berharga dari Ribuan Liang [satuan ukuran berat China] Emas) dan Qian Jin Yi Fang (Tambahan untuk Resep Berharga dari Ribuan Liang Emas). Qian Jin Yao Fang berisi 30 jilid, yang meliputi 232 subjek medis.

 

 

Sun Simiao menulis lebih dari 80 buku selama masa hidupnya. Buku-buku lain selain yang disebutkan diatas antara lain, Lao Zi Zhu (Catatan Lao Zi), Zhuang Zi Zhu (Catatan Zhuang Zi), satu jilid buku Zhen Zhong Su Shu (Book of the Bed), satu jilid buku Hui San Jiao Lun, tiga jilid buku Fu Lu Lun (Buku untuk Keberuntungan dan Kebahagiaan), satu jilid buku She Sheng Zhen Lun (Saran untuk Pengolahan Kesehatan), satu jilid buku Gui Jing (Filosofi Kura-Kura), dan lain sebagainya.

 

Sun Simiao yakin “kehidupan manusia sangat berharga, lebih berharga daripada seribu liang emas”. Karena keyakinannya ini, dia memberi judul bukunya dengan dua karakter huruf China, yakni Qian Jin, yang berarti seribu liang emas. Keseluruhan buku berisi 5.300 resep yang sangat beragam.

 

Semua buku ini adalah karya pengetahuan medis kolosal selama Dinasti Tang. Dia memiliki dampak yang besar dan memiliki kontribusi  penting pada perkembangan medis, khususnya resep-resep untuk generasi berikutnya. Tulisan ilmiah tersebut juga memiliki kontribusi terhadap kemajuan medis di Korea dan Jepang.

 

Qian Jin Yi Fang juga berisi 30 jilid. Sun Simiao menulisnya di masa lanjut kehidupannya. Qian Jin Yao Fang  merupakan lampiran yang mencakup banyak hal.

 

Dia membagi buku Qian Jin Yi Fang ke dalam 189 subjek, meliputi lebih dari 2.900 resep. Menggambarkan lebih dari 800 obat medis dan menyampaikan cara untuk mengobati gejala demam, stroke, jerawat, bisul, dan beragam penyakit lainnya.

About springocean83

I'm a quiet shy man who have soft feeling but can be hot and have more attention if meet anyone who honest and have more understanding of each other. I like travelling, swimming and reading. The most bored thing for me is PARTY because I'm a personal who like peaceful and equanimity.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s