Tabib Ajaib : Bian Que

Standar

Seorang tabib ternama yang dijuluki Bian Que (扁鹊) telah melakukan praktek pengobatan di Tiongkok dari mulai 2697 SM hingga 2598 SM. Menurut Shi Ji (Catatan Sejarah), Bian Que berasal dari Zhengdi, Kabupaten Bohai, Kerajaan Qi. Nama aslinya adalah Qin Yueren (Simplified Chinese: 秦 越 人), yang dikatakan telah hidup selama 2.000 tahun.

 

Pada saat Qin Yueren mulai mengobati pasien – pasiennya, ia dikenal sebagai Bian Que, dan secara bertahap, karena semua orang mengenalnyanya sebagai Bian Que, hanya sedikit yang tahu nama aslinya.

 

Ketika masih muda, Bian Que bekerja sebagai manajer hotel. Seorang pelancong bernama Chang Sangjun adalah orang yang sering menjadi tamu di hotel Bian Que. Bian Que menganggap Chang Sangjun sebagai orang khusus dan karena itu dia memberikan perhatian khusus kepadanya. Chang Sangjun juga tahu bahwa Bian Que bukan orang biasa.

 

Mereka menjadi teman baik. Suatu hari, setelah lebih dari sepuluh tahun mereka mengenal satu sama lain, Chang Sangjun mengundang Bian Que ke tempatnya untuk melakukan percakapan pribadi. Chang Sangjun memberitahu Bian Que, “Saya mulai tua dan hidup saya mungkin akan segera berakhir. Saya punya resep yang ingin saya berikan kepada anda. Saya harap anda dapat menyimpan rahasia ini.”

 

Bian Que berkata, “Saya akan melakukan apa yang anda katakan.”

 

Chang Sangjun mengeluarkan sebungkus obat dari sakunya dan memberikannya kepada Bian Que, “Anda dapat mencampur obat ini dengan tetesan embun dan meminumnya, kemudian dalam 30 hari, anda dapat melihat segala hal yang oleh orang biasa tidak bisa lihat.” Setelah Bian Que menerima obat itu, Chang Sangjun tiba-tiba menghilang. Dia menyadari bahwa Chang Sangjun bukanlah manusia biasa.

 

Bian Que meminum obat itu seperti yang diberitahukan Chang Sangjun kepadanya. Tiga puluh hari kemudian ia bisa melihat orang yang berada di balik tembok. Menggunakan bakat khusus ini, ia bisa melihat organ internal orang – orang dan penyakit mereka. Tapi ia masih menggunakan teknik tradisional mengecek denyut nadi untuk menyembunyikan kemampuan aslinya. Dia berpraktek semasa Kerajaan Qi dan Kerajaan Zhao.

 

Bian Que menggunakan banyak teknik berbeda dalam praktek pengobatannya : ramuan, akupuntur, pijat dan segala macam metode, tergantung pada situasinya, dan mampu mengobati segala macam penyakit. Ia berkelana meluas ke berbagai kerajaan dan mengobati semua orang dari semua status sosial. Tak peduli ke mana ia pergi, ia akan mengobati orang sesuai dengan kebutuhan mereka yang paling mendesak.

 

Zhao Jianzi, menteri senior di Kerajaan Jin sakit parah dan koma selama lima hari. Ketika Bian Que dipanggil untuk memeriksanya, ia hanya sekilas melirik pada Zhao Jianzi dan segera meninggalkan ruangan. Ketika Menteri Dong An menanyai Bian Que mengenai diagnosanya, Bian Que berkata, “sirkulasi darahnya normal, jangan panik. Di masa lalu, Qin Mu Gong, kaisar  Kerajaan Qin juga memiliki penyakit yang sama dan ia sembuh dalam tujuh hari. ”

 

Beberapa hari kemudian Zhao Jianzi tersadar dari koma. Ketika seseorang memberitahu Zhao kata-kata Bian Que, Zhao Jianzi kagum. Dia kemudian memberikan Bian Que 40.000 mu (ukuran tanah Tiongkok, 1 mu sama dengan 0,165 acre) tanah untuk menyatakan penghargaannya.

 

Pada satu kesempatan, Bian Que berkelana ke Kerajaan Guo di mana pangeran Lay sepertinya baru saja meninggal karena penyakit. Setelah mendengarkan seorang dokter bernama Zhong Shuzi, menggambarkan gejala sang pangeran, Bian Que tahu bahwa pangeran tidaklah meninggal; gejalanya itu disebut “Shi Jue” (mati palsu). Bian Que memberitahu Zhong Shuzi bahwa pangeran bisa sembuh.

Zhong Shuzi menjawab, “Saya pernah mendengar di waktu dulu, di masa lalu ada seorang dokter terkenal bernama Yu Fu tidak menggunakan obat biasa dalam prakteknya. Dia bisa melihat penyakit dengan pengamatan saja. Ia akan mengikuti meridian energi dalam organ internal seseorang, membedah jaringan, membuka penyumbat meridian, menjahit tendon, membersihkan selaput, mencuci organ, menumbuhkan semangat dan mengubah tubuh. Jika Anda bisa melakukan semua ini, maka pangeran bisa sembuh. Jika tidak, anda bahkan tidak bisa meyakinkan seorang bayi bahwa pangeran bisa hidup kembali. ”

 

Setelah ia mendengar komentar Zhong Shuzi, Bian Que menghela napas dan berkata, “Apa yang baru saja anda gambarkan hanyalah sebagian kecil dari diagnosa medis; seperti melihat langit melalui pipa bambu dan mengamati bunga melalui celah sempit. Pengobatan saya sangat khusus. Tidak perlu memeriksa nadi, tidak perlu mengamati warna dan aliran energi, tidak perlu mendengarkan suara atau bahkan melihat kondisi fisiknya. Tanpa semua teknik itu saya bisa mengatakan akar penyebab dari penyakitnya. Jika saya melihat gejala luarnya, saya bisa menyimpulkan penyebab internalnya.

 

Di sisi lain, jika saya tahu penyebab internalnya, maka saya dapat memprediksi gejala-gejala luarnya. Ketika orang sakit ia terlihat di permukaan. Berdasarkan hal ini saya dapat mendiagnosa orang seribu mil jauhnya. Saya punya banyak cara untuk mendiagnosa dan mengobati penyakit. Anda tidak bisa melihat berbagai hal hanya dari satu sudut.” Setelah itu, Bian Que menyuruh salah seorang muridnya untuk melakukan akupuntur terhadap pangeran. Segera pangeran itu terbangun dari kematiannya. Insiden ini membuat Bian Que memperoleh reputasi besar. Orang-orang menyebutnya dokter ajaib yang bisa membuat orang mati hidup kembali.

 

Pada suatu hari, Bian Que menghadap kepada raja Huangong dari negara Cai dan mengatakan: “Saya melihat ada penyakit kecil pada kulit Baginda. Dikhawatirkan penyakit itu akan masuk ke dalam tubuh kalau tidak segera diobati.” Tapi raja Huangong tidak acuh akan peringatan Bian Que itu dengan mengatakan: “Saya tidak sakit”. Bian Que lalu minta diri.

listen-to-doctor

10 hari kemudian, Bian Que kembali menghadap raja dan mengatakan: “Menurut saya, penyakit Baginda sudah berkembang sampai ke otot, dan penyakit akan menjadi lebih parah kalau tidak diobati.” Raja Huangong masih saja tidak acuh, terpaksa Bian Que minta diri.

 

10 hari lagi Bian Que menghadap raja dan mengatakan: “Penyakit Baginda sudah berkembang sampai lambung dan usus, dan akan menjadi lebih parah lagi kalau tidak segera diobati.” Namun masih saja raja Huangong tidak ambil peduli.

 

Lagi 10 hari berkalu, Bian Que jauh-jauh melihat raja Huangong tapi ia segera berpaling dan menyingkir. Raja Huangong lalu menyuruh orang menanyainya, mengapa ia pergi tanpa mengucapkan sesuatu?

 

Jawab Bian Que: “Penyakit kulit dapat disembuhkan dengan dicuci atau dikompres panas dengan obat; setelah berkembang sampai antara kulit dan daging, bisa disembuhkan dengan akupuntur; berkembang sampai lambung dan usus pun bisa disembuhkan dengan minum obat ramuan; tapi kalau sudah meresap sampai sumsum tulang, hanya Tuhan-lah yang bisa menentukan, dokter tidak bisa berbuat apa-apa. Kini penyakit Baginda sudah meresap dalam ke sumsum tulang, saya tidak bisa berbuat apa-apa.”

 

5 hari kemudian, raja Huangong merasa sakit sekujur tubuhnya. Segera ia menyuruh orang memanggil Bian Que, tapi Bian Que jauh-jauh hari sudah melarikan diri. Tak lama kemudian, raja Huangong wafat karena sakit.

 

Suatu hari Raja Wei, pada Periode perang antar kerajaan, bertanya kepadanya, “Kamu dan dua saudaramu semua ahli dalam bidang kedokteran, siapa diantara kalian yang terbaik?”

 

Bian Que menjawab, “Kakak  saya yang tertua  adalah  yang terbaik, selanjutnya adalah kakak kedua saya, dan adalah saya.”

 

Raja bertanya lagi, “Lalu bagaimana bisa Anda adalah yang paling terkenal?”

 

Bian Que menjawab, “Kakak saya yang tertua mengobati penyakit  ketika  penyakit tersebut baru mulai menunjukkan gejala. Tidak terlihat perubahan luar yang jelas. Apa yang dia lakukan adalah menghilangkan pathogen (penyebab penyakit)  tersebut dimana orang biasa tidak dapat melihatnya. Itu sebabnya dia tidak mendapat pengakuan yang luas.

 

Kakak kedua saya menyembuhkan penyakit saat masih dalam tahap awal. Sehingga orang-orang mengira dia hanya mampu mengobati penyakit ringan saja. Jadi dia hanya dikenal dalam di lingkungan sekitarnya dan di lingkungan tetangganya.

 

Sedangkan saya mengobati penyakit bila sudah berkembang dengan parah dan sangat serius. Orang mengamati penampilan saya saat mengeluarkan darah pasien dengan menyuntikkan pipa kecil ke pembuluh darah atau mengusapkan salep medis pada kulit, dan dengan demikian mengira saya sangat fasih dalam pengobatan. Jadi saya  menjadi terkenal di seluruh negeri.”

About springocean83

I'm a quiet shy man who have soft feeling but can be hot and have more attention if meet anyone who honest and have more understanding of each other. I like travelling, swimming and reading. The most bored thing for me is PARTY because I'm a personal who like peaceful and equanimity.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s