CNNGo : 50 Makanan Terenak di Dunia (2)

Standar

CNNGo (Central News Network Go) mengeluarkan daftar peringkat 50 makanan terenak di dunia. Adapun peringkat ini dibuat berdasarkan polling dan kemungkinan besar masih bisa berubah.

Dari daftar tersebut, Makanan Amerika paling banyak terdapat dalam daftar. Sedangkan Thailand, Vietnam, Hongkong dan Singapura termasuk negara Asia yang memiliki makanan yang cukup populer di dunia.

Berikut ini daftar 50 makanan terenak di dunia :

11. Rendang, Indonesia

Rendang adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan utama dengan kandungan bumbu rempah – rempah yang kaya. Bumbu khas yang dihaluskan untuk memasak rendang di antaranya cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah dan aneka bumbu lainnya. Keunikan rendang adalah penggunaan bumbu – bumbu alami, yang bersifat antiseptik dan membunuh bakteri patogen sehingga bersifat sebagai bahan pengawet alami. Bawang putih, bawang merah, jahe, dan lengkuas diketahui memiliki aktivitas antimikroba yang kuat.

Proses memasak rendang asli dapat menghabiskan waktu berjam – jam (biasanya sekitar empat jam). Karena itulah memasak rendang memerlukan waktu dan kesabaran. Potongan daging dimasak bersama bumbu dan santan dalam panas api yang tepat, diaduk pelan – pelan hingga santan dan bumbu terserap daging. Setelah mendidih, apinya dikecilkan dan terus diaduk hingga santan mengental dan menjadi kering. Memasak rendang harus sabar dan telaten ditunggui,  senantiasa dengan hati – hati dibolak-balik agar santan mengering dan bumbu terserap sempurna, tanpa menghanguskan atau menghancurkan daging. Proses memasak ini dikenal dalam seni kuliner modern dengan istilah ‘karamelisasi’.

12. Sheperd’s Pie, Inggris

Merupakan pie daging dengan kerak kentang tumbuk. Makanan ini telah dikonsumsi sejak tahun 1791, saat kentang mulai diperkenalkan sebagai tanaman yang bisa dimakan yang harganya terjangkau oleh kalangan miskin.

Dalam buku – buku masakan awal, hidangan ini berarti menggunakan sisa daging panggang dalam bentuk apapun yang diletakkan sejajar dengan tumbukan kentang dengan kerak kentang tumbuk di bagian atasnya.

13. Corn on the cob, global

Metode paling umum untuk memasak hidangan ini adalah merebus dan memanggang. Corn on the cob dapat dipanggang langsung saat jagung masih dalam sabutnya atau bisa juga dibersihkan dulu baru dibungkus dengan aluminium foil. Bila memanggang dengan oven, memasak jagung dalam sabutnya sangat direkomendasikan.

Bumbu dan penyedap yang umum dipakai adalah mentega, garam dan lada hitam.

14. Doughnut, Amerika

Donat adalah penganan yang digoreng yang dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat yang berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti berbagai jenis selai, jelly, krim dan custard.

Donat sangat lekat dengan kebudayaan Amerika seperti halnya hamburger. Di Amerika Utara sampai tercipta stereotip polisi patroli sebagai pemakan donat. Gerai donat sering buka sepanjang malam dan polisi sering mengunjungi gerai donat yang menyediakan donat dan kopi gratis.

Sejarah donat di Indonesia dimulai pada tahun 1968 saat stan American Donut hadir di Djakarta Fair (sekarang disebut Pekan Raya Jakarta). Sejak itu, American Donut memiliki tradisi tahunan membuka stan di Pekan Raya Jakarta hingga sekarang.

Pada tahun 1985, Dunkin’Donuts membuka gerai pertama di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat yang terus berkembang menjadi lebih dari 200 gerai di berbagai kota di Indonesia. Kemudian diikuti dengan donat-donat waralaba  asing lainnya seperti Master Ring, Master Donut, dan Mister Donut.

Demam donat dibangkitkan kembali oleh J.CO Donuts & Coffee yang membuka gerai pertamanya di Super Mall Karawaci pada tanggal 26 Juni 2005. Keberhasilan J.CO diikuti Krispy Kreme yang membuka gerai donatnya yang pertama di Mal Pondok Indah 2 pada tanggal 31 Agustus 2006. J.CO sebagai merek lokal didirikan oleh Johnny Andrean, seorang penata rambut terkemuka di Indonesia.

15. Kalua Pig, Amerika

Kalua adalah metode memasak tradisional Hawaii yang menggunakan jenis oven bawah tanah (IMU).  IMU dibangun di dalam pasir atau di lubang kotoran dengan menggunakan pembakaran dari kayu koa. Lubang untuk IMU biasanya memiliki ukuran panjang 1.8 m, lebar 1.2 m dan kedalaman 90 cm. Batu – batu kemudian diletakkan dalam lubang ini untuk mempertahankan panas setelah nyala api padam.

Ketika batu – batu ini sudah sangat panas, lubang ini dilapisi dengan tumbuhan tradisional, seperti daun pisang. Daging yang akan dimasak kemudian digarami, dilumuri dengan bumbu, dan dijejali dengan banyak batu panas, kemudian dibungkus dengan ti dan daun pisang.

Untuk menjaga panas dan mempertahankan kelembaban alami daging, daging tersebut ditutupi dengan goni basah, kemudian dilapisi dengan pasir atau tanah. Daging kemudian dimasak dalam lubang ini selama 6 sampai 7 jam, menyerap asap dan uap dari kayu koa dan daun pisang. Setelah masak sepenuhnya, daging kemudian dipindahkan dari lubang tersebut dan dicabik – cabik. Ini dilakukan untuk meluluhkan lemak agar bercampur dengan daging untuk mempertahankan rasanya. Daging yang biasanya digunakan adalah daging babi dan ayam kalkun.

16. Egg Tart, Hongkong

Merupakan jenis kue kering custard yang mengandung kerak kering di lapisan luarnya dan diisi dengan telur custard dan dipanggang. Kue ini mulai diperkenalkan di Hong Kong pada tahun 1940 oleh cha chaan tengs

Kue – kue ini kemudian diperkenalkan di kafe – kafe barat dan toko – toko roti untuk bersaing dengan restoran dim sum, khususnya untuk yum cha. Selama ledakan ekonomi antara tahun 1950 – 1960, Lu Yu Teahouse memimpin pasar dengan tart telur mininya. Ironisnya, saat ini tart telur mini merupakan hidangan umum di restoran dimsum dan lebih banyak disediakan ketimabang di toko – toko roti.

Saat ini, tart telur sudah memiliki banyak varian dalam masakan Hong Kong, termasuk putih telur, susu, susu madu, susu jahe )yang merupakan variasi dari susu custard dan telur custard tradisional yang dibuat cha chaan tengs), dan juga tart coklat, teh hijau dan bahkan tart sarang burung.

17. Lobster, global

Lobster dapat ditemukan si seluruh lautan. Mereka tinggal di dasar berbatu, berpasir atau berlumpur dari garis pantai hingga landas kontinen. Mereka biasanya hidup sendiri – sendiri di celah atau di lubang di bawah bebatuan. Lobster adalah omnivora yang memakan ikan, moluska, krustasea lainnya, ulat dan beberapa tanaman hidup.

Dalam kuliner, lobster dapat ditemukan dalam sup, sup krim, udang gulung dan capon magro. Daging lobster yang dicelupkan ke dalam mentega bisa menghasilkan rasa manis.

18. Kebab, Iran

Merupakan hidangan daging panggang/bakar yang ditusuk memakai tusukan atau batang besi. Hidangan ini umumnya dijumpai dalam masakan Timur Tengah, Kaukasus, Asia Tengah, Asia Selatan dan beberapa Negara Afrika.

Daging yang umum dipakai untuk kebab adalah daging domba dan daging sapi. Kadang – kadang juga menggunakan daging ayam, ikan atau kerang. Kebab daging babi ditemukan dalam masakan Azerbaijan, Bulgarian, Siprus, Yunani dan Negara bagian Goa di India.

19. Nam tok moo, Thailand

Merupakan sup rempah – rempah yang diperkaya dengan darah sapi liar atau darah babi. Darah sering digunakan di Thailand untuk memperkaya rasa hidangan mie biasa. Salah satu jenis nam tok moo yang terkenal adalah kuai-tiao mu nam tok yang mengandung kaldu, darah, mie, tauge, potongan hati, daging babi, pangsit, sayuran hijau dan rempah – rempah.

Nam tok dapat juga disajikan dalam bentuk hidangan daging yang mirip dengan lap (sejenis salad hidangan nasional Laos). Jenis hidangan ini dikenal dengan nama nuea yang nam tok, jika dibuat dari daging sapi dan mu nam tok, jika dibuat dari daging babi. Biasanya hidangan ini dimakan bersama nasi ketan dan sayuran mentah seperti thua fak yao (kacang yardlong) dan kalam pli (kol).

20. Arepaz, Venezuela

Arepa adalah penganan yang terbuat dari adonan jagung dan tepung matang dan  sangat terkemuka dalam masakan Kolombia dan Venezuela.

Karakteristik arepa adalah datar, bulat, tidak beragi dan terbuat dari tepung jagung ataupun tepung yang dapat dipanggang, dibakar, direbus maupun digoreng. Arepa adalah jenis roti khas yang terbuat dari campuran tepung jagung, air dan garam yang digoreng menjadi seperti pancake. Penganan ini bisa diberikan topping ataupun isian berupa daging, telur, tomat, salad, keju, udang maupun ikan.

About springocean83

I'm a quiet shy man who have soft feeling but can be hot and have more attention if meet anyone who honest and have more understanding of each other. I like travelling, swimming and reading. The most bored thing for me is PARTY because I'm a personal who like peaceful and equanimity.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s