Bird of Paradise : Cendrawasih

Standar

Bird of paradise begitulah orang asing menyebut si elok ini. Di Indonesia, kita menyebutnya burung cendrawasih. Hanya mendengar namanya saja, pastilah terbayang seekor burung mungil berbulu kekuningan yang berekor panjang.

Tapi sebenarnya cendrawasih itu ada banyak macamnya, yakni sekitar 44 jenis yang hidup menyebar di sekitar pulau Papua hingga Australia. Bentuk dan warnanya pun bermacam – macam. Ada yang kecil, ada yang besar… Ada yang berwarna biru, ada yang berwarna merah…dan banyak lagi. Jadi, si kuning yang sering diingat itu sebenarnya hanya salah satu jenis cendrawasih yang bernama burung cendrawasih kuning besar (Paradisaea apoda).

Pada manusia, anak perempuan biasanya memang lebih cantik dan suka berdandan. Namun, hal ini rupanya tidak berlaku untuk cendrawasih. Berbeda dengan cendrawasih jantan, bentuk cendrawasih betina sangatlah sederhana. Bulu mereka berwarna kecokelatan, tak berbeda jauh dari burung gagak. Sungguh kontras sekali jika dibandingkan dengan cendrawasih jantan yang biasanya memiliki bulu warna-warni yang tebal dan menjuntai indah bak mantel kerajaan.

Tidak hanya itu,cendrawasih jantan juga sangat centil. Mereka gemar menari. Biasanya pada musim kawin, cendrawasih jantan akan berkumpul di sebuah pohon. Kemudian, mereka pun akan berlomba – lomba menggerakkan tubuh dan sayap mereka ke sana kemari dengan tujuan untuk memikat cendrawasih betina.

Melihat makhluk seelok cendrawasih, pastilah sangat menggoda hati manusia. Begitu cantiknya cendrawasih hingga mereka senantiasa diburu oleh manusia.

Perburuan cendrawasih sebenarnya telah dimulai sejak lama. Konon, burung elok ini sering dijadikan hiasan rambut para kepala suku. Namun pada saat itu, kehidupan cendrawasih tak pernah terancam. Soalnya suku – suku itu memiliki aturan yang ketat dalam berburu cendrawasih. Misalnya, hanya cendrawasih yang hinggap di pohon milik sendiri sajalah yang boleh diburu.

Kelangsungan hidup cendrawasih barulah terancam bahaya pada sekitar tahun 70-an, yaitu saat keelokan cendrawasih mulai dikenal oleh orang hingga ke Eropa. Begitu cantiknya cendrawasih, membuat orang berlomba – lomba ingin menghias rumah mereka dengan cendrawasih. Bahkan, tak menjadi masalah meski cendrawasih itu sudah mati. Maksudnya, cendrawasih yang telah diawetkan.

Semakin lama, banyak orang yang menyadari bahwa makhluk hidup lebih menarik daripada yang sudah mati. Oleh karena itu, kini cendrawasih banyak dipelihara secara hidup di dalam sangkar. Namun sebenarnya hal ini sama sekali tidak memecahkan masalah.

Pemeliharaan cendrawasih di dalam sangkar tetap saja mengganggu kelangsungan hidup mereka. Soalnya, cendrawasih adalah hewan liar, bukan hewan peliharaan. Artinya, cendrawasih seharusnya beterbangan bebas di alam luas. Terkurung di dalam sangkar membuat mereka merasa tak bahagia dan akhirnya berumur pendek. Apalagi, rata – rata pemelihara kurang mengerti apa yang sebenarnya diperlukan cendrawasih untuk dapat hidup senang.

Saat ini cendrawasih telah ditangkarkan. Artinya, telah tersedia sebuah tempat khusus yang ditangani oleh tenaga – tenaga ahli untuk merawat dan melestarikan cendrawasih agar mereka tidak sampai punah.

Burung – burung dalam penangkaran iini juga berkembang biak. Cucu dari cenderawasih inilah yang boleh dipelihara. Soalnya, mereka dianggap sudah cukup jinak untuk menjadi hewan peliharaan.

Lalu bagaimana cara membedakan cendrawasih yang boleh dipelihara dan tidak ? Cendrawasih yang berasal dari penangkaran selalu mengenakan cincin di kakinya. Selain itu, mereka juga memiliki surat lahir yang resmi.

Dewasa ini, burung Cendrawasih Mati Kawat (Seleucidis melanoleuca) ditetapkan menjadi Fauna Identitas Provinsi Papua. Beberapa jenis seperti Cendrawasih Raja, Cendrawasih Botak, Cendrawasih Merah, Toowa, dan Cendrawasih Kuning Kecil, telah masuk dalam daftar jenis satwa yang dilindungi berdasarkan UU No 5 Tahun 1990 dan PP No 7 Tahun 1999.

About springocean83

I'm a quiet shy man who have soft feeling but can be hot and have more attention if meet anyone who honest and have more understanding of each other. I like travelling, swimming and reading. The most bored thing for me is PARTY because I'm a personal who like peaceful and equanimity.

One response »

  1. My brother suggested I may like this web site. He used to be entirely
    right. This put up actually made my day. You cann’t believe simply how much time I had spent for this information!

    Thank you!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s