Keluarga Kucing : Kucing – Kucing Besar

Standar

Kucing, Felis silvestris catus, adalah sejenis karnivora. Kata “kucing” biasanya merujuk kepada “kucing” yang telah dijinakkan, tetapi bisa juga merujuk kepada “kucing besar” seperti singa, harimau,dan macan.

 

Tulisan kali ini akan mengulas tentang jenis kucing – kucing besar.

 

1. Oselat (Ocelot)

Bentuknya seperti jaguar. Panjangnya sekitar satu meter. Terdapat di hutan lebat Meksiko dan Amerika Selatan. Karena perburuan liar untuk mendapatkan bulunya, ratusan ribu oselat telah dibunuh sehingga speciesnya jauh berkurang saat ini. Mulai tahun 2008, oselat telah dimasukkan dalam daftar hewan yang harus dilindungi.

 

 

2. Puma (Cougar)

Disebut juga dengan singa gunung. Merupakan binatang yang sangat kuat. Bisa melompat lebih dari enam meter. Panjang tubuhnya sekitar dua meter. Terdapat di pegunungan, dataran rendah, gurun, dan hutan Amerika Utara dan Selatan. Binatang ini juga termasuk dalam daftar perlindungan. Bahkan beberapa negara secara hukum seperti Argentina, Brazil, Bolivia, Chile, Colombia, Costa Rica, Guyana Prancis, Guatemala, Honduras, Nicaragua, Panama, Paraguay, Suriname, Venezuela, dan Uruguay telah melarang perburuan terhadap binatang ini.

 

 

3. Jaguar

Panjangnya sekitar 1,4 meter. Binatang ini pandai memanjat dan berenang. Tinggalnya di dekat sungai dalam hutan lebat Amerika Tengah dan Selatan. Perdagangan internasional terhadap jaguar maupun bagian – bagian tubuhnya dilarang oleh beberapa negara dengan kekuatan hukum seperti di Argentina, Belize, Colombia, Guyana Prancis, Honduras, Nicaragua, Panama, Paraguay, Suriname, Amerika Serikat, Uruguay dan Venezuela.

 

 

4. Jaguarundi

Panjangnya sekitar 56 hingga 76 sentimeter. Binatang ini terdapat di dekat perairan bagian selatan Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Santapannya berupa binatang perairan dan binatang darat kecil.

 

 

5. Macan Tutul

Merupakan pemanjat dan perenang ulung sehingga dikenal juga dengan julukan harimau dahan. Tinggalnya di Asia dan Afrika. Ukurannya lebih kecil daripada harimau. Spesies ini pada umumnya memiliki bulu berwarna kuning kecoklatan dengan bintik-bintik berwarna hitam. Bintik hitam dikepalanya berukuran lebih kecil. Jenisnya bermacam – macam. Mulai dari coklat kemerahan hingga hitam. Macan tutul hitam disebut juga macan kumbang. Indonesia memiliki satu jenis macan tutul yang merupakan fauna identitas Jawa Barat yang sudah terancam punah, yakni macan tutul jawa.

 

 

6. Harimau

Merupakan anggota paling besar di keluarga kucing. Tubuhnya bisa sepanjang 2,8 meter. Harimau juga adalah kucing tercepat kedua dalam hal berlari, setelah cheetah.  Di antara subspesies yang masih hidup, Harimau Sumatera adalah yang paling kecil dan Harimau SIberia adalah yang paling besar. Harimau dapat ditemukan di Irak, Siberia, Korea, India, Malaysia,dan Indonesia.

 

 

7. Singa

Sering disebut “Raja Hutan”. Hidup di daerah terbuka Afrika Timur dan sebagian India. Panjangnya sekitar 1,5 hingga tiga meter.Singa hidup berkelompok. Kelompok singa ini disebut puak. Singa jantan memiliki rambut lebat di sekitar kepala. Anak singa memiliki bercak – bercak. Setelah dewasa, bercak itu akan hilang. Singa betina jauh lebih aktif dalam berburu, sedangkan Singa jantan lebih santai dan selalu bersikap menunggu dan meminta jatah dari hasil buruan para betinanya.

 

 

Di antara species kucing – kucing besar ini dapat terjadi perkawinan antar jenis. Keturunan dari perkawinan ini menghasilkan binatang jenis baru, di antaranya :

 

1. Leopon

 

Merupakan hasil persilangan antara macan tutul jantan dengan singa betina.

 

 

2. Lipard

 

Merupakan keturunan dari singa jantan dan macan tutul betina.

 

 

3. Tigon

 

Merupakan hasil persilangan antara singa betina dengan harimau jantan.

 

 

4. Liger

 

Merupakan keturunan dari singa jantan dengan harimau betina.

About springocean83

I'm a quiet shy man who have soft feeling but can be hot and have more attention if meet anyone who honest and have more understanding of each other. I like travelling, swimming and reading. The most bored thing for me is PARTY because I'm a personal who like peaceful and equanimity.

One response »

  1. Hi there I am so excited I found your website, I really found you
    by error, while I was researching on Bing for something else,
    Anyhow I am here now and would just like to say thanks a lot for a remarkable post and a all round
    thrilling blog (I also love the theme/design), I don’t have time to read it all at the moment but
    I have saved it and also added your RSS feeds, so when I have time
    I will be back to read much more, Please do keep up the awesome job.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s