Srikandi Tenis Asia : Li Na

Standar

Li Na dilahirkan pada tanggal 26 Februari 1982 di Wuhan, Hubei, China. Ayahnya, Li Sheng Peng adalah seorang pemain bulutangkis professional yang kemudian bekerja sebagai perwakilan sales untuk sebuah perusahaan yang berkedudukan di Wuhan. Namun ayahnya meninggal dunia saat Li Na berusia 14 tahun karena sebuah penyakit jantung yang langka.

 

Sejak usia 6 tahun, Li Na mulai bermain bulutangkis mengikuti jejak ayahnya. Saat beranjak usia 8 tahun, Li Na beralih ke tenis setelah dia dan kedua orang tuanya diyakinkan oleh pelatih Xia Xiyao dari klub tenis remaja Wuhan bahwa ini akan karier yang tepat buatnya. Pada tahun 1997, Li Na bergabung dengan Tim Tenis Nasional China. Di tahun berikutnya, Li Na disponsori oleh Nike untuk belajar tenis di Akademi John Newcombe di Texas. Li Na bersekolah di sana selama 10 bulan dan kemudian kembali ke China. Pada tahun 1999, Li Na beralih ke tenis professional di saat usianya menginjak 16 tahun.

 

Hingga saat ini Li Na telah memenangkan sembilan gelar tunggal WTA, termasuk gelar di dua turnamen Grand Slam, yakni Prancis Terbuka 2011 dan Australia Terbuka 2004. Dengan kemenangan tersebut, Li Na mencatatkan dirinya sebagai petenis wanita pertama dan satu – satunya dari benua Asia yang memenangi gelar tunggal Grand Slam sepanjang sejarah tenis professional.

 

Pencapaian lainnya di turnamen Grand Slam adalah runner-up Australia Terbuka 2013, tiga kali mencapai perempat final Wimbledon dan semi finalis AS Terbuka 2013. Selain itu, Li Na juga mencatatkan diri sebagai runner-up Kejuaraan WTA Tour 2013 dan semi finalis Olimpiade Beijing 2008. Ranking tertinggi sepanjang kariernya adalah peringkat dua dunia yang dibukukannya pada tanggal 17 Februari 2014.

 

Rekor Li Na yang tercatat lainnya adalah sebagai petenis Asia kedua yang berhasil mengalahkan petenis nomor satu dunia dalam satu turnamen professional. Ini diraihnya saat mengalahkan Serena Williams di putaran kedua turnamen Porsche Grand Prix 2008 dengan rubber set. Adapun petenis Asia pertama yang tercatat adalah Zheng Jie yang mengalahkan Ana Ivanovic pada turnamen Grand Slam Wimbledon 2008.

 

Di penghujung 2002, Li Na sempat meninggalkan tim tenis nasioanl untuk bersekolah paruh waktu di Universitas Sains dan Teknologi Huazhong dimana ia menyelesaikan gelar sarjana mudanya di bidang jurnalistik pada tahun 2009. Langkah ini sempat memicu banyak opini dari pihak media China, termasuk opini tentang penentangan hubungannya dengan rekan setimnya, Jiang Shan oleh pihak manajemen tim tenis nasional.

 

Akan tetapi, Li Na kembali ke tim nasional China pada tahun 2004 dan menikah dengan Jiang Shan pada tanggal 27 Januari 2007 yang kemudian juga merangkap sebagai pelatih pribadinya. Di tahun 2008, Li Na mengambil keputusan untuk keluar dari tim nasional China.

 

Li Na memiliki satu ciri khas yakni adanya tato di bagian dadanya. Sekian lama dia harus menyembunyikan tato tersebut karena tato sangat tidak lazim dalam masyarakat China, apalagi untuk seorang perempuan.

 

Sepanjang kariernya, Li Na mencatat kemenangan atas banyak petenis top dunia. Di antaranya adalah Jelena Jankovic, Ai Sugiyama, Dinara Safina, Patty Schnyder, Svetlana Kuznetsova, Elena Dementieva, Victoria Azarenka, Elena Likhovtseva, Serena Williams,  Tamarine Tanasugarn, Amelie Mauresmo, Maria Sharapova, Francesca Schiavone, Caroline Wozniacki,  Kim Clijsters, Venus Williams dan Nadia Petrova.

About springocean83

I'm a quiet shy man who have soft feeling but can be hot and have more attention if meet anyone who honest and have more understanding of each other. I like travelling, swimming and reading. The most bored thing for me is PARTY because I'm a personal who like peaceful and equanimity.

One response »

  1. Thanks for your marvelous posting! I seriously
    enjoyed reading it, you may be a great author.I will make certain
    to bookmark your blog and will eventually come back in the foreseeable future.

    I want to encourage you continue your great work, have a nice evening!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s