Bajak Laut Terbesar Sepanjang Masa

Standar

1. Henry Morgan – The King of All Pirates

badass-captainmorgan
Henry Morgan atau Morgan “the terrible” adalah salah satu bajak laut yang paling kejam. Dengan keberanian, kebrutalan, dan kecerdasannya, membuat dia yang paling ditakuti dan dihormati sepanjang masa bajak laut. Henry Morgan benar-benar adalah raja dari semua bajak laut. Sebelum bergelut di dunia bajak laut, Henry Morgan pernah diangkat menjadi perwira Inggris dan menjadi bajak laut umum. Henry Morgan menjadi teror bagi semua orang Spanyol di Hindia Barat. Total Armada yang pernah dia pimpin adalah 36 kapal dan 2000 ABK.

 

Henry Morgan, lahir pada tahun 1635 di sebuah keluarga petani di Welsh, tapi dia memilih untuk hidup di lautan. Dia pertama kali menjadi awak dari bajak laut di pulau Tortuga, dan beralih ke Barbados. Dia juga merupakan satu-satunya bajak laut yang pergi menuju Afrika dan menguasai sebagian Afrika, serta satu buah armada dan pelabuhan yang dimiliki terbesar ada di Jamaika, dan Venezuela.

 

Henry Morgan dijuluki sebagai satu-satunya bajak laut yang paling berani karena:

* Menelusuri Selat Gibraltar

* Menelusuri suku di Zamaika

* Menelusuri Panama, Havana, Venezuela dan Afrika sebelah Utara.

* Merupakan bajak laut yang paling banyak menelusuri tempat di seluruh dunia setelah Columbus.

 

2. John Ward / Jack Ward – John Birdy

the legend of pirates cleanmix

John Ward adalah inspirasi dari Jack Sparrow menurut data yang diambil dan sejarah (namun belum tentu pihak pembuat film The Pirate Of Caribiean mengklaim bahwa John Ward adalah Jack Sparrow). Banyak bajak laut yang memberikan julukan padanya dengan nama John Birdy, sama dengan Jack yaitu Jack Sparrow, banyak kesamaan antara Jack Sparrow dengan John Birdy, yaitu:

* Memilliki tingkah laku yang aneh

* Memiliki bendera bajak laut yang sama (terutama dalam film The Pirates of Caribiean At World’s End, yakni bendera bajak laut yang ada di akhir cerita dimana Jack dengan gilanya menaiki perahu kecil).

havery

* Topi bajak laut yang menjulang kedepan

* Suka mabuk

 

John Ward yang lahir pada tahun 1553 di Inggris, dan juga dikenal sebagai Jack Ward serta di bawah nama Islamnya Yusuf Reis, adalah bajak laut Inggris yang terkenal sekitar pergantian abad ke-17 yang kemudian menjadi Barbary Corsair beroperasi dari Tunis. Selama awal abad ke-17, John Ward adalah seorang pelaut biasa di daerah pesisir di tenggara Inggris dan rajin mencari ikan. Suatu hari kampung John Ward terkena invansi dari Spanyol yang memang saat itu sedang berperang dengan Inggris. Invasi ini menyebabkan kampungnya yang hampir berdekatan dengan Spanyol habis dibakar oleh musuh.

 

John Ward yang tidak tega melihat semua yang ia miliki habis terbakar, akhirnya memilih untuk ikut dalam AL Inggris. Namun dalam perang di lautan, entah karena kegilaannya, John Ward tidak menembaki kapal Spanyol, malahan melarang awaknya untuk menembaki. Kemudian John membajak kapal itu dan mengambil harta benda di dalamnya.

 

Kegilaan john dalam perang membuat Ratu Elizabeth I dan James I dari Inggris menganggapnya sebagai bajak laut dan diusir dari kerajaan Inggris. Namun itu bukan hal buruk untuknya, malahan ia mendapat awak serta sebuah kapal hasil jarahan dan berkumpul di Pulau Tortuga. Mereka berlayar ke Isle of Wight dan menangkap kapal lain, Violet yang dikabarkan akan membawa harta pengungsi Katolik Roma. Namun, kapal ini ternyata kosong dari harta karun. Dengan kelicikannya, ia berhasil menangkap kapal Prancis yang jauh lebih besar.

 

Beberapa hal yang membuat John Ward dikenal sebagai bajak laut terpintar, tercerdik, terlicik namun juga terkuat.

* Bajak laut satu-satunya yang berani pergi ke lautan Mediterania, Yunani

* Bajak laut satu-satunya yang memiliki 89 kapal jarahan tanpa harta benda dan ditelantarkan di Tortuga, dan ia memiliki kapal kesayangan yang merupakan kapal jarahan yang ia dapatkan dari Spanyol yang ia pakai dalam pelayaran “Black isle de peure” (kalau dalam film pasti Black Pearl)

* Bajak laut satu-satunya yang diterima di negara Islam, Turki dan Tunisia. Bahkan di Tunisia, John Ward mendapat nama baru yaitu Yusuf Reis.

* Bajak laut pemimpin Barbary Pirate

* Mendapat perlindungan dari Inggris dan Tunisia

* Memiliki pelabuhan bajak laut terbesar di Tunisia.

 

3. Davy Jones – Ghost Pirates

davyjones2

Kalau mendengar nama  ini pasti yang terpikirkan hanya satu hal yaitu Hantu. Memang benar, Davy Jones adalah hantu, tepatnya hantu bajak laut yang ditakuti oleh seluruh pelaut di dunia hingga sekarang, Tidak masuk akal memang bila hantu juga dimasukkan ke dalam artikel, namun di Reality of Live, terkuak sedikit tentang rahasia di balik Davy Jones dan kapalnya Flying Dutchman.

 

Davy Jones, adalah seorang bajak laut yang dikutuk bersama kapal dan awaknya untuk mengarungi tujuh samudera tanpa henti. Beberapa sumber terpercaya menyebutkan bahwa pada abad 17 seorang kapten Belanda bernama Bernard Fokke (versi lain menyebut kapten “Ramhout Van Dam” atau “Van der Decken”) mengarungi lautan dari Holland ke pulau Jawa dengan kecepatan luar biasa. Ia dicurigai meminta bantuan iblis untuk mencapai kecepatan tadi. Namun di tengah pelayarannya menuju Cape of God Hope tiba-tiba cuaca buruk, sehingga kapal oleng. Lalu seorang awak kapal meminta supaya pelayaran dihentikan . Tetapi sang kapten tidak mau, lalu dia berkata bahwa dia bersumpah tidak akan mundur dan akan terus menembus badai untuk mencapai kota tujuannya, atau dia beserta semua awak kapalnya akan terkutuk selamanya. Tiba – tiba badai menghantam kapal itu sehingga mereka kalah melawan alam dan terkutuklah mereka selama – lamanya. Sang Kapten bersama para anak buah kapalnya itu menjadi jasad hidup dan berlayar di tujuh lautan untuk selama-lamanya. Konon, kapal tersebut dikutuk untuk melayari tujuh samudera sampai akhir zaman. Lalu cerita itu menyebar sangat cepat ke seluruh dunia.

 

Mengenai kapal yang ditumpanginya, The Flying Dutchman, banyak pelaut Inggris dan pelaut di sekitar Atlantik yang melihat kapal besar berlayar tinggi berwarna hitam dari kejauhan. Namun beberapa saat kemudian, kapal tersebut hilang begitu saja. Wujud The Flying Dutchman jarang terlihat dengan jelas.

 

Namun salah satu dari bajak laut terkuat abad ini, William Kidd pernah melihat sekilas dan bahkan bertarung dengan kapal berhantu itu, Dalam pertempuran tersebut, 62 awaknya mati karena terkena meriam dari sebuah kapal yang jauhnya lebih dari 400 km. William Kidd tahu bahwa itu adalah The Flying Dutchman sehingga dia menyuruh awaknya untuk menambah kecepatan berlayar menuju lautan yang teduh karena saat itu kapalnya berlayar dalam lautan yang dilingkupi badai. Saat itulah ia melihat sekilas bentuk dari kapal The Flying Dutchman yang muncul dari permukaan laut dan menghilang begitu saja. Namun misteri kedua hal ini masih menjadi teka-teki di dunia.

 

4. Barbarossa – King Pirates Turkey

1813_Barbarossa

Ini juga merupakan salah satu inspirasi film The Pirates Of Caribiean, yakni kapten kapal yang tidak memiliki kapal yang pasti namun selalu beruntung dan mendapat kapal baru. Dulunya merupakan musuh bebuyutan Jack Sparrow, namun kini menjadi sekutu yang selalu dikerjaiin olehnya dalam serial film tersebut, yakni Barbosa. Di bawah ini adalah fakta tentang inspirasi dari sosok Barbosa di film.

 

Nama aslinya adalah Khair al-Din yang lahir sekitar tahun 1483 di pulau Mytilini (Lesbos). Dunia bajak laut menjulukinya dengan nama Barbarossa (kalau di film disebut Barbosa) yang artinya Janggut Merah. Dulunya ia adalah seorang pelaut biasa bersama adiknya Aruj dari Turki. Pada suatu hari, tanpa sebab yang jelas, kapal milik keluarga mereka diserang secara brutal oleh kapal militer Knight of Rhodes. Dalam peristiwa ini, adik bungsu mereka tewas terbunuh dan satu-satunya kapal milik mereka hancur. Peristiwa ini membuat mereka sangat terpukul sehingga sejak saat itu mereka melakukan aksi bajak laut terhadap semua kapal militer milik kerajaan-kerajaan Kristen. Aksi – aksi mereka sangat menggemparkan dan membuat mereka ditakuti militer Kristen. Aruj dan Khair al-Din pun kemudian dikenal sebagai The Barbarossa Brothers Pirates karena keduanya berjanggut merah.

 

Kekuatan mereka ditakuti seluruh bangsa Eropa. Menurut sejarah, mereka berlayar tanpa naungan bendera bajak laut, namun dengan bendera hijau bercorak bintang bersama tulisan Turki yang bertuliskan doa sehingga mereka mendapat kapal dan awak dari banyak kapal yang mereka rompak.

 

Inilah beberapa hal tentang kehebatannya :

* Satu – satunya  bajak laut dari negara muslim yang ditakuti di Eropa

* Bajak laut yang hanya berkekuatan 13 awak namun dapat menumpas 20 kapal dagang lebih

* Bajak laut yang berani berlayar di lautan penuh bajak laut tanpa bendera kebesaran bajak laut

* Bajak laut yang membuat 15 kelompok tentara Infantri (1 kelompok infantri=5000 pasukan)  dari seluruh Eropa memburu kapalnya dan membuat 4 pemimpin negara bingung

 

5. Edward Teach – Blackbeard

Black Beard
Edward “Blackbeard” Teach tidak diragukan lagi adalah salah satu bajak laut yang paling ditakuti dan paling dibenci sepanjang masa. Dengan perawakan yang mengerikan, janggut hitam lebat yang hampir menutupi seluruh mukanya. membawa 2 pedang, berbagai belati dan pistol-pistol sebagai senjatanya, ia telah merampas lebih dari 40 kapal dagang di perairan Karibia. Ia juga tidak segan membunuh para tawanannya. Sontak kelakuannya menjadi teror di seluruh Lautan Atlantik.

 

Sosok ini juga menjadi inspirasi pembuatan karakter dalam film The Pirates Of Caribiean, yakni musuh Barbosa dan Jack Sparrow yang memiliki kekuatan gaib yang ada pada pedangnya yang dapat mengendalikan kapalnya yang disebut Black Beard, yang sama dengan namanya.

 

Nama aslinya Edward Teach dan kemungkinan besar lahir di Bristol, Inggris pada tahun 1680. Sedikit sekali hal yang diketahui dari masa awal kehidupannya. Data tentangnya mulai diketahui dari terdaftarnya dia dalam Angkatan Laut Kerajaan Inggris selama Perang Suksesi Spanyol 1701-1713. Banyak bajak laut menjulukinya Blackbeard dan banyak sumber yang mengatakan bahwa dia adalah bajak laut Inggris yang  terkenal melayari Laut Karibia dan barat Samudera Atlantik selama awal abad ke-18, suatu masa yang disebut sebagai Zaman Keemasan dari Pembajakan. Kapalnya yang terkenal adalah Queen Anne’s Revenge, yang diyakini telah kandas di dekat Beaufort Inlet North Carolina pada 1718.

 

Blackbeard sering bertarung, atau menampakkan diri dengan mengenakan bulu besar tricorn, dan menggunakan banyak pedang, pisau, dan pistol. Dalam A General Historie of the Robberies and Murders of the Most Notorious Pyrates (Sejarah Umum dari Perampokan dan Pembunuhan dari Bajak Laut Ternama), dilaporkan bahwa ia telah menjalin korek api menyala ke janggut hitam besarnya selama pertempuran untuk mengintimidasi musuh-musuhnya.

 

Blackbeard sering dianggap sebagai gambaran pola dasar pelaut perompak yang membajak lebih dari 40 kapal dagang di perairan Karibia. Berbeda dengan Calico Jack yang menjadikan tawanan sebagai awak kapalnya, Beard selalu membunuh seluruh manusia yang ada dalam kapal rompakannya. Kebengisannya membuat ia ditakuti di seluruh Lautan Atlantik.

 

Salah satu kapal yang dirampas adalah kapal terkemuka Charleston yang di dalamnya terdapat anak-anak. Blackbeard meminta tebusan untuk para sandera itu, namun bukan emas atau perak melainkan obat – obatan. Namun utusan Blackbeard yang dikirim ke darat malah berpesta minum-minum dalam waktu yang lama sehingga Blackbeard hampir mengeksekusi para sandera sebagai konsekuensi tenggang waktu yang sudah habis. Untungnya pesan itu disampaikan dan tebusan diterima sebelum kru Blackbeard menyelesaikan persiapan untuk menggantung sandera. Sebelum dilepaskan para sandera dirampas perhiasannya.

 

Bahkan Inggris dan Perancis menghargai kepala Black Beard dengan 40 batang emas. Di akhir hidupnya, 4 buah  kapal Royal Navy di North Carolina yang tergabung dalam S.C.C (South Carolina Crusher) mengakhiri petualangan indah Black Beard. AL Carolina berpesta akan kematian Black Beard dan menggantung kepala Black Beard di tiang Kapal Royal Navy untuk diarak menuju Inggris dan ditukar dengan hadiah 40 batang emas yang telah dijanjikan.

 

6. John Rackham – Calico Jack


Calico Jack terkenal karena kisah dramanya dengan istrinya yaitu bajak laut Anne Bonny. Namanya terkenal lewat kebringasannya dan menamakan kelompok bajak laut The Jolly Roger yang memiliki bendera hitam dan tengkorak putih paling terkenal. Calico Jack juga dianggap sebagai inspirasi dari karakter Jack Sparow dalam film Pirates Of Caribiean, namun pernyataan itu sepertinya kurang tepat karena Calico Jack yang berwatak bengis berbeda jauh dengan perwatakan dari Jack Sparrow yang selalu gila dan gokil.

 

Calico Jack merupakan seorang bajak laut yang lahir pada tahun 1623 di pulau Bahamas dan juga satu-satunya bajak laut yang paling ditakuti di Inggris. Jika pelaut atau AL Inggris Melihat bendera hitam berlambang tengkorak putih dengan 2 belati, mereka pasti memilih untuk lari dan menghindar. Calico Jack lahir dari keluarga bajak laut, jadi dapat dikatakan bahwa dia adalah bajak laut tulen.

Catatan bajak lautnya menyatakan bahwa ia adalah bajak laut yang pernah menyerang Kerajaan Inggris dengan kapalnya, bajak laut yang memiliki paling banyak awak kapal dalam sejarah bajak laut, dan penampilan yang sedikit aneh yaitu mengikat janggut menjadi beberapa bagian dengan pita. Satu hal yang membuat bajak laut lain takut padanya adalah ia mempunyai suatu benda yang dapat melihat kapal yang jaraknya jauh sekalipun, yaitu teropong. Teropongnya mampu melihat kapal lawan/pelabuhan sejauh kurang lebih 400 km.

 

7. Bartholomew Roberts – Great Pirate Roberts – Black Bart

Cap'nRoberts0006LG
Bartholomew Roberts yang disebut sebagai “Great Pirate Roberts”, menjelajahi lautan pada awal abad ke-18. Ia menjelajahi pantai – pantai Amerika Utara dan Selatan. Reputasinya berkembang sangat besar sehingga kapal-kapal penjaga yang ditempatkan di Hindia Barat enggan untuk terlibat dengan dia, dan bahkan berlayar keluar dari jalur mereka untuk menghindari konfrontasi. Roberts menyimpan begitu banyak kebencian bagi orang-orang di pulau Martinique dan Barbados, karena ia menciptakan bendera hitam untuk menggambarkan hal itu.

 

Bartolomeus Roberts lahir di Casnewydd-Bach, atau di Little Newcastle, antara Fishguard dan Haverfordwest di Pembrokeshire pada tahun 1682. Julukan yang diberikan para bajak laut lain kepadanya adalah Black Bart, dan dialah bajak laut yang paling banyak menghancurkan pelabuhan –  pelabuhan bahkan sebuah pulau.

 

Inilah beberapa hal tentang sepak terjangnya :

* Kapten pengganti dari Davis (seorang kapten bajak laut dari kapal Rovel Royal)

* Bajak laut yang pertama kali memulai petualangannya dengan sekoci

* Pernah menghadapai 23 kapal Portugis di hindia barat

* Memiliki bendera bajak laut paling aneh

400px-Bartholomew_Roberts_Flag.svg

menurut sejarah gambar pertama menyatakan, bahwa Black Bart memegang cawan berisi jam pasir bersama tengkorak namun tidak diketahui apa artinya. Bendera kedua menyatakan bahwa Black Bart menginjak dua tengkorak dari dua pemimpin bajak laut Barbados dan Martiquniean di Dominikia Karibia.

400px-Bartholomew_Roberts_Flag1.svg

5. Menghancurkan 3 pelabuhan perdagangan terbesar yaitu Newfoundland dan Karibia Juni 1720 – April 1721, serta Afrika Barat April 1721 – Januari 1722.

 

Kematian Roberts mengejutkan dunia bajak laut serta Angkatan Laut Kerajaan. Para pedagang lokal dan warga sipil telah menganggapnya tak terkalahkan, dan bahkan beberapa menganggapnya sebagai pahlawan. Kematian Roberts dianggap oleh banyak sejarawan sebagai akhir Golden Age of Pembajakan.

Kematiannya sekarang diperingati dengan perayaan yang dikenal sebagai Hari Blackest untuk menandai hari di mana Golden Age of Pirates berakhir.

 

8. William Kidd – Captain Kidd


Pada awalnya Kidd adalah seorang pelaut yang direkrut kerajaan inggris untuk menumpas bajak laut. Ia dibekali dengan kapal legendarisnya yaitu The Adventure Galley yang dilengkapi 34 meriam dan mampu membawa 80 awak. Tapi kemudian ia berubah menjadi bajak laut yang beringas. Uedagh Merchant adalah kapal harta karun besar dari 400 ton yang pernah di rampas oleh Kidd. Ini membuat dirinya menjadi salah satu bajak laut yang memiliki harta karun yang paling banyak. Tetapi akhirnya Ia tertangkap dan dihukum gantung.

kidd

Tidak ada yang istimewa pada dirinya, namun ada beberapa hal yang membuatnya menjadi bajak laut terhebat di dunia :

1. Seorang bajak laut tulen (berasal dari keluarga bajak laut)

2. Bajak laut yang pada awalnya dipercaya oleh Inggris untuk memburu bajak laut, namun pernah balik menyerang inggris

3. Kapal legendaris The Adventure Galley

4. Menumpas kapal Uedagh Merchant

5. Pernah melawan kapal yang disebut-sebut sebagai The Flying Dutchman dan setelah penyerangan kapalnya  rusak parah, namun kapal yang dilawannya hilang begitu saja (menurut sejarah)

6. Pernah menghancurkan sebuah pelabuhan besar di selatan Perancis yang membuat seluruh angkatan perang perancis mengejar dan membunuhnya dengan digantung.

 

9. Anne Bonny – The Dark Lady


Anne Bonny adalah salah satu dari dua wanita yang menjadi bajak laut. Ketangguhan dan keperkasaannya tidak diragukan lagi karena ia bergabung dengan Jolly Rogger Pirate, salah satu kelompok bajak laut yang sangat disegani. Dalam sepak terjangnya di dunia bajak laut, ia berduet dengan rekannya sesama wanita yaitu Mary Read.

 

Bajak Laut wanita, Anne Bonny, lahir di Country Cork, Irlandia sekitar tahun 1688 – 1690. Awal hidupnya menjadi bajak laut karena ia memiliki perilaku yang aneh dan berbeda dari wanita sebayanya, memiliki amarah yang tinggi dan memiliki jiwa kesadisan/membunuh. Julukan para bajak laut kepadanya adalah The Dark Lady, karena kehausannya dalam membunuh siapa saja yang menjadi incaran kapalnya. Sama seperti Olivier, Anne berasal dari keluarga yang cukup berada. Ayahnya adalah seorang pengacara di Irlandia. Dalam kisah asmaranya, ia menikahi 18 laki-laki, 7 laki-laki saat ia belum menjadi bajak laut, dan 11 laki-laki saat ia telah menjadi bajak laut. Pada akhirnya ia meninggalkan 14 laki-laki yang telah ia kawini dan tiga di antaranya dibunuhnya karena melaporkan Anne yang bekerja sama dengan bajak laut. Terakhir ia menikahi seorang kapten bajak laut bernama Rackham. Kapten ini jadinya memiliki dua istri, Anne dan Mary, istri tua yang sedang hamil.

Anne Bonny

Pada Oktober tahun 1720, Rackham dan krunya diserang oleh pasukan Kapten Jonathan Barnet, yang bekerja untuk Gubernur Jamaika. Sebagian besar kru Rackham tidak siap untuk berperang karena sedang mabuk. Kemudian, Anne dan Mary yang melawan mereka. Namun Rackham kalah sehingga dia dan krunya dihukum gantung oleh Gubernur Jamaika. Setelah mereka ditangkap, Mary dan Anne mengatakan kehamilan mereka. Sesuai hukum Inggris, mereka dipenjarakan dan ditunda eksekusinya hingga mereka melahirkan.

 

Ada cerita yang mengatakan Mary Read dibunuh hidup-hidup bersama janin yang dikandungnya oleh Anne. Saat itu satu penjara heboh oleh karena tubuh Mary yang penuh dengan bercak darah. Dari situ Anne berhasil kabur. Di akhir perjalanannya di tahun 1782 di Carolina Selatan, Anne menikah dengan pria bernama Edward England, yang merupakan seorang bajak laut yang menyamar menjadi orang kaya, dan kebetulan juga adalah musuh bebuyutan dari Rackham. Karena ia tahu bahwa Anne adalah istri kedua Rackham, saat menikah di atas batu karang, ia mendorong Anne hingga terjatuh di bebatuan karang sehingga membuat Anne tewas terbelah oleh karang yang tajam tersebut dari jantung hingga vaginanya dengan kepala yang utuh.

 

10. Olivier Levasseur – la Bouche

Olivier_levasseur
Olivier Levasseur adalah bajak laut yang berasal dari sebuah keluarga yang kaya raya, dan sempat mendapat pendidikan sebagai angkatan laut Perancis. Ia lahir di Calais, Perancis, sekitar tahun 1560 – 1565 dan dijuluki dengan la buse atau Bouche (The Buzzard), karena kecepatan dan kesenyapannya dalam menghabisi musuh-musuhnya.

 

Catatan bajak lautnya mengatakan bahwa, Olivier pertama kali menjadi bajak laut saat perang suksesi Spanyol tahun 1701 – 1714 di Perancis. Perang yang membuat Perancis luluh lantak ini membuat Oliver yang saat itu menjadi anggota AL Perancis marah, sehingga akhirnya bergabung dengan bajak laut Benjamin Hornigold tahun 1716. Dari situlah ia mulai memburu beribu-ribu harta karun.

 

Pembajakan terhebatnya adalah  penyerangan terhadap pelabuhan Ouiridah. Puncak kejayaannya adalah ketika ia berhasil merampas kapal milik Portugis yaitu Galeon Nostra Senhora do Cabo yang berisikan penuh dengan barang berharga. Harta – harta tersebut merupakan rampasan perang yang terdiri dari emas dan perak, puluhan kotak – kotak emas, berlian, mutiara, sutra, seni dan benda-benda keagamaan dari Catarina Saint Cathedral di Pulau Goa, termasuk Salib yang terbuat dari emas murni, berlian, rubi dan zamrud.

Namun petualangan Levasseur berakhir ketika ia ditangkap dan digantung pada tanggal 7 Juli 1730 di pulau Bourbon. Kuat dugaan ia menyembuyikan harta karunnya di suatu tempat karena terdapat huruf-huruf kriptogram pada kalungnya yang diduga dapat menunjukan lokasi dimana harta karun tersebut disembunyikan. Sampai saat ini huruf – huruf kriptogram tersebut belum terpecahkan.

About springocean83

I'm a quiet shy man who have soft feeling but can be hot and have more attention if meet anyone who honest and have more understanding of each other. I like travelling, swimming and reading. The most bored thing for me is PARTY because I'm a personal who like peaceful and equanimity.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s