Mengenal Flu Singapura

Standar

 

Flu Singapura sebenarnya adalah penyakit yang di dunia kedokteran dikenal sebagai Hand Foot Mouth Disease (HFMD) atau penyakit kaki, tangan dan mulut (TKM). Penyakit KTM ini adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus.

 

Penyakit ini sangat menular dan sering terjadi pada musim panas. Flu singapura merupakan penyakit umum atau biasa terjadi pada kelompok masyarakat yang lingkungannya padat dan menyerang anak-anak usia 2 minggu sampai 5 tahun (kadang-kadang sampai 10 tahun). Orang dewasa biasanya kebal terhadap penularan penyakit ini.

 

Cara penularan

 

Penularan penyakit KTM atau flu singapura ini melalui kontak langsung dari orang ke orang yaitu melalui droplet, pilek, air liur, tinja, cairan dari vesikel atau ekskresinya. Penularan penyakit ini juga dapat terjadi tidak melalui kontak langsung melainkan melalui kontak barang, handuk, baju, peralatan makanan dan mainan yang terkontaminasi oleh sekresi itu.

 

Gambaran klinis

Gejala klinik flu singapura antara lain demam yang berlangsung 2 sampai dengan 3 hari, nyeri tenggorokan (kemerahan atau sariawan), dan kelainan di kulit berupa bintil kemerahan yang berisi cairan bening pada sekitar mulut, kaki, tangan dan daerah bokong yang timbul 1-2 hari setelah demam. Gejala lain seperti tidak ada nafsu makan, pilek dan gejala seperti flu pada umumnya. Tidak jarang anak-anak mengeluhkan adanya ulkus yang nyeri di mulut sebelum timbulnya lesi atau ruam di kulit pada telapak tangan ataupun kaki 1-2 hari setelahnya. Penyakit ini membaik sendiri dalam 7-10 hari.

Bila ada gejala yang cukup berat, penderita perlu dirawat dirumah sakit. Gejala yang termasuk didalamnya:

1. Anak yang berusia di bawah 3 tahun dengan demam tinggi dengan suhu lebih dari 39°C dan terus menerus selama lebih dari 3 hari

2. Malas makan, muntah, atau diare berulang dengan dehidrasi

3. Nafas menjadi cepat dan sesak

4. Letargi, lemas dan mengantuk terus

5. Nyeri pada leher, lengan dan kaki

6. Kejang-kejang

7. Keringat dingin dan tidak tahan melihat sinar

8. Tegang pada daerah perut

9. Mengalami halusinasi

 

Dalam keadaan daya tahan tubuh yang sangat rendah dapat terjadi komplikasi yang berbahaya dan mengancam jiwa. Namun hal ini sangat jarang terjadi, diantaranya komplikasi yang dapat terjadi adalah sebagai berikut:

1. Infeksi otak ataupun selaput otak (ensefalitis, meningitis)

2. Gangguan jantung atau miokarditis

 

Penyakit ini biasanya dapat sembuh sendiri. Pasien perlu diistirahatkan karena daya tahan tubuh yang menurun. Pengobatan yang diberikan adalah pengobatan gejala misalnya pemberian obat demam atau penghilang rasa sakit. Diberikan cairan yang cukup pada penderita unuk mencegah dehidrasi yang disebabkan sulit minum karena demam.

 

Anak yang menderita penyakit ini harus tetap mandi, namun ketika menggosok tubuh dengan sabun harus perlahan agar bintil berairnya tidak pecah. Bila demam penderita sangat tinggi, dapat dibantu denga kompres dan oba penurun panas. Jika bagian kulit yang terdapat ruam dan bintil berair terasa gatal, dapat ditaburi dengan bedak pengurang rasa gatal.

 

Jangan berikan makanan atau minuman yang pedas, asam atau bersoda, namun diperbolehkan memberikan minuman yang dingin seperti es krim, air dingin dan air es yang dapat mengurangi rasa sakit di mulut. Berikan makanan lunak atau lembut agar anak tidak terlalu lama mengunyah. Pada anak yang besar dan sudah bisa berkumur, dapat diberikan cairan kumur antiseptic.

 

Pencegahan

 

Penyakit ini diduga sering terjadi pada masyarakat dengan sanitasi yang kurang baik Tetapi tampaknya pada masyarakat menengah keatas dengan sanitasi yang baikpun masih sering terjadi. Flu Singapura sering terjadi penularannya ditempat yang padat seperti sekolah. Kebersihan higiene dan sanitasi dengan memperhatikan kesehatan lingkungan dan perorangan seperti mencuci tangan, desinfeksi peralatan makanan, mainan, handuk yang memungkinkan terkontaminasi dapat mencegah penularan penyakit ini. Bila diperlukan anak yang terkena penyakit ini diistirahatkan dirumah selama satu minggu setelah timbul ruam sampai panas hilang.

 

Anak-anak yang terserang penyakit ini dapat ditingkatkan daya tahan tubuhnya dengan tetap makan secara teratur dengan gizi yang baik, makanan hendaknya cukup mengandung protein dan kalori. Dianjurkan minum sebanyak mungkin, terutama sari buah segar sekaligus mencukup kebutuhan vitamin dan mineral anak yang terserang penyakit ini.

 

 

Dikutip dari tulisan dr. Dyana Novia

About springocean83

I'm a quiet shy man who have soft feeling but can be hot and have more attention if meet anyone who honest and have more understanding of each other. I like travelling, swimming and reading. The most bored thing for me is PARTY because I'm a personal who like peaceful and equanimity.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s