Segelintir Tanggapan Atas Indeks LGBT Militer 2014

Standar

Komandan Tertinggi Militer Selandia baru menyambut gembira saat melihat indeks global yang menyatakan bahwa integrasi terbanyak antara lesbian dan gay terjadi di jajaran militer negara tersebut.

 

Berdasarkan hasil kajian The Hague Centre for Strategic Studies, sebuah badan penelitian independen di bawah Kementerian Pertahanan Belanda yang berbasis di Hague Centre, menempatkan Angkatan Bersenjata Selandia Baru atau NZDF di peringkat pertama dari 103 negara.

 

Kepala Angkatan Bersenjata Letjen Tim Keating mengatakan bahwa itu adalah kejutan yang menyenangkan. NZDF menghargai keragaman dan mengakui manfaat penyatuan ini bagi organisasi yang membawa iklim kerja yang beragam dan inklusif. Keragaman ini mencerminkan komposisi masyrakat Selandia Baru serta menonjolkan keterbukaan dari orang-orang yang memiliki latar belakang berbeda.

 

Dia juga menambahkan bahwa mereka percaya bahwa kerja yang beragam dapat mempromosikan ekuitas dan meningkatkan produktivitas serta memiliki lingkungan inklusif yang mencakup perbedaan individu dan memberikan kesempatan bagi personil mereka untuk mencapai potensi penuh mereka.

 

Tidak hanya itu, pada tahun lalu Kepala Angkatan Pertahanan Letjen Rhys Jones secara terbuka membela 10 anggotanya yang mengambil bagian dalam festival gay Auckland

 

Sebaliknya Tentara DiRaja Malaysia termasuk kelompok yang keras menolak LGBT di Asia. Menurut Indeks LGBT Militer 2014, Malaysia berada di urutan 92 dari 103 negara yang diteliti, yang berarti angkatan bersenjata Malaysia termasuk urutan ke-12 yang keras menentang LGBT.

 

Terrhadap Thailand, negeri yang terkenal permisif terhadap kaum LGBT, penelitian ini juga menemukan hal yang sama : militer Thailand paling bersahabat dengan kaum gay (urutan 48) di Asean, diikuti oleh Filipina (urutan 50), Vietnam (urutan 53) dan Indonesia (urutan 67). Namun tidak ditemukan data persepsi LGBT di ketentaraan Kamboja, Laos, Mynmar dan Singapura.

 

Di dunia, Nigeria menduduki negara dengan tentara yang merasa paling ogah terhadap kehadiran kaum gay di kalangan militer, diikuti oleh Iran dan Suriah.

 

Penelitian ini menelisik 19 kebijakan militer mengenai partisipasi LGBT dalam militer. Partisipasi kaum gay dalam militer itu dibedakan menurut kategori inklusi, seleksi masuk, toleransi, penolakan dan penganiayaan.

 

Pada 24 Februari 2005, koran berbahasa Inggris Malaysia mengutip Kepala Staf Angkatan Laut Kerajaan Malaysia (RMN) Laksamana Mohd Noor yang mengatakan, kaum homoskes dilarang bertugas di kapal-kapal perang.

 

Laksamana Noor mengatakan bahwa mereka tidak membenarkan perilaku menyimpang tersebut. RMN tidak akan pernah menerima mereka, karena mereka harus melindungi citra angkatan laut.

 

Wakil Menteri Pertahanan Malaysia Zainal Abidin Zin dikutip yang Associated Press mengatakan bahwa homoseksual bertentangan dengan ajaran Islam dan melanggar hukum Malaysia.

 

Sementara itu, Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Robert Gates mengatakan, ia bisa menerima syarat-syarat yang termuat dalam sebuah RUU guna mengizinkan laki-laki dan perempuan homoseksual yang berdinas di militer bersikap terbuka mengenai orientasi seksual mereka.
Juru bicara Pentagon mengatakan kepada wartawan bahwa Gates cenderung berkeinginan agar pihak militer diberi kesempatan untuk meninjau dampak dari hukum ini sebelum diloloskan. Tetapi katanya, karena ini bukan merupakan sebuah opsi, Menteri Gates bisa “menerima bahasa” dari usulan ini.

 

Berdasarkan sebuah kompromi yang dicapai anggota Kongres serta disetujui oleh Gedung Putih, perubahan kebijakan ini tidak akan berlaku sampai menteri pertahanan, presiden dan panglima kepala staf gabungan setuju tentang pelaksanaannya.

 

Presiden Barack Obama berusaha menghapus kebijakan yang sekarang berlaku, yakni “jangan tanya dan jangan beritahu,” yang memungkinkan tentara yang homoseksual berdinas sejauh mereka tidak mengungkapkan orientasi seksual mereka.

Iklan

About springocean83

I'm a quiet shy man who have soft feeling but can be hot and have more attention if meet anyone who honest and have more understanding of each other. I like travelling, swimming and reading. The most bored thing for me is PARTY because I'm a personal who like peaceful and equanimity.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s