Maskapai Penerbangan Teraman di Dunia

Standar

Majalah bulanan Travel+Leisure terbitan American Express Publishing Corp mengulas ranking penerbangan aman di dunia berdasar data Air Transport Rating Agency (ATRA) yang bermarkas di Swiss dan Jet Airliner Crash Data Evaluation Centre (JACDEC) yang berbasis di Jerman.

 

Kedua badan pemeringkat penerbangan tersebut menggunakan metodologi berbeda dan tentu saja hasilnya juga berbeda.

 

ATRA memakai pendekatan berdasar penilaian risiko dan analisis data mutakhir. Sedangkan JACDEC menggunakan sejumlah faktor untuk menentukan perhitungan tahunan, termasuk insiden kecelakaan hilangnya pesawat dalam 30 tahun operasi sejumlah maskapai penerbangan terkait pendapatan per kilometer penumpang (revenue passanger kilometer/RPK) juga selama kurun 30 tahun.

 

Travel+Leisure mencermati top 20 maskapai penerbangan dan JACDEC top 60 maskapai dari 2012 dan menambahkan nilai pada masing-masing ranking maskapai. Mereka menambahkan poin ekstra kepada maskapai dengan catatan tanpa mengalami kecelakaan fatal sejak tahun 1970, dan meneliti ada atau tidaknya kecelakaan fatal selama lima tahun belakangan.

 

China Daily, koran terbitan Beijing, menambahkan syarat maskapai yang aman dengan melihat jumlah armada baru, berdasar peringkat Skytrax.

 

1. Lufthansa, Jerman

37 poin

Headline

Didirikan pada 1920 dan launching ulang usai Perang Dunia II, Luthansa membuktikan diri sebagai maskapai penerbangan handal dan aman sejak didirikan. Kini maskapai Jerman ini koleksi armadanya bertambah menjadi 300 pesawat yang melayani 200 tujuan penerbangan.

 

2. British Airways, Inggris

33 poin

Headline

Rekor kemanan British Airways terbukti mumpuni sejak menerbangkan berbagai tipe pesawat mulai 1974, yang dimulai dari pesawat hanya berbaling-baling turbo Vickers Vanguard hingga ke era pesawat jet supersonik Concorde. BA bahkan memodifikasi pesawatnya untuk kepentingan latihan keselamatan untuk masyarakat.

 

3. Qantas, Australia

32 poin

Headline

Dalam film Rainman, Raymond Babbitt (diperankan Dustin Hoffman) bilang bahwa Qantas adalah maskapai yang tak pernah mengalami kecelakaan. Pernyataan ini hampir benar, karena Qantas sejak 1951 tak pernah mengalami kecelakaan fatal.

 

Didirikan pada 1920, semula Qantas hanya melayani penerbangan pendek dari Quensland ke Northern Territory, kemudian berubah menjadi penerbangan jarak jauh yang ditempuh dalam waktu sembilan hari dari London ke Sydney. Kini dengan pesawat Airbus 380 bisa memperpendek perjalanan jauh itu hanya dalam 23 jam.

 

4. Southwest, Amerika Serikat

32 poin

Headline

Southwest lama dikenal sebagai maskapai penerbangan murah tapi aman. Maskapai besar ini tidak mengenakan biaya untuk bagasi pertama atau kedua, juga dikenal para awak kabinnya yang menyenangkan, ramah dan inovatif.

 

5. Cathay Pacific, Hong Kong

30 poin

Headline

Memulai bisnis dari niat dua bekas penerbang pesawat tempur yang menerbangkan “The Hump” ulang-alik Birma dan China selama Perang Dunia II, Cathay (CX) punya sejarah panjang dan berwarna. Kerap mendapat peringkat penerbangan penumpang terbaik dan berpangalaman dalam layanan selama terbang, CX juga punya pengalaman terbang aman yang patut dicungi jempol.

 

6. KLM, Negeri Belanda

29 poin

Headline

Berdiri pada 1919, Koninklijke Luchtvaart penerbangan tertua yang hingga kini masih beroperasi sebagai penerbangan komersial. Dalam lima tahun mendatang, maskapai Negeri Belanda (yang kini digabung dengan maskapai Air France) akan mengganti seluruh armadanya dengan pesawat-peswat baru, termasuk Boeing 787 Dreamliner.

 

7. Emirates, Uni Emirat Arab

26.5 poin

Headline

Maskapai yang bermarkas di Dubai itu mencatat hanya pernah mengalami kecelakaan dua kali selama beroperasi 28 tahun. Tersohor karena mengumbar kemewahan dalam penerbangan, Emirat kini juga menawarkan kamar mandi pada penerbangannya, spa mini, lounge bar, dan kamar mewah privat dengan tempat duduk rebah yang selayaknya tempat tidur.

 

8. United/Continental, Amerika Serikat

26 poin

Headline

Salah satu penggabungan usaha terbesar di dunia, United yang bermarkas di Chicago dan Continental yang berbasis di Houston digabung pada 2010 adalah salah satu perusahaan penerbangan terbesar di dunia. Maskapai gabungan ini punya 1.260 pesawat yang melayani 370 tujuan penerbangan. Dua perusahaan ini sudah mampu mengatasi perbedaan budaya korporasi, dan mereka punya reputasi atas keselamatan penerbangan.

 

9. Delta, Amerika Serikat

25 poin

Headline

Mampu meraih 164 juta penumpang selama 2012, Delta adalah maskapai tunggal terbesar di dunia. Maskapai yang berbasis di Atlanta, Georgia, ini punya rekor keamanan yang cukup menarik karena Delta menelusuri 1,8 juta penerbangan setiap tahun.

 

10. US Airways, Amerika Serikat

24 poin

Headline

Sebagai salah satu maskapai tertua di Amerika Serikat, US Air bisa ditilik ke akarnya sejak berdiri pada tahun 1939 sebagai perusahaan penerbangan yang melayani rute di atas Ohio River Valley.

Berubah menjadi raksasa penerbangan dengan kekuatan armada 600 pesawat yang melayani 200 kota.

 

Dalam beberapa tahun ke depan, diterapkan teknologi baru, insentif bagi karyawan, kampanye layanan konsumen yang luas, yang juga memperbaiki reputasinya dalam, misanya, penanganan bagasi.

About springocean83

I'm a quiet shy man who have soft feeling but can be hot and have more attention if meet anyone who honest and have more understanding of each other. I like travelling, swimming and reading. The most bored thing for me is PARTY because I'm a personal who like peaceful and equanimity.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s