Setelah Sadar dari Koma, Mendadak Mampu Berbahasa Asing

Standar

Banyak sekali misteri yang menyelimuti kehidupan manusia. Seperti orang dapat mengenali huruf, membaca tanpa melalui bimbingan guru atau orang lain.

 

Ada orang yang dapat berbicara menggunakan bahasa asing yang belum pernah ia pelajari sebelumnya. Bahkan menggunakan bahasa kuno yang sudah langka.

 

Mengapa bisa begitu? Apakah ada hubungannya dengan ingatan dari kehidupan sebelumnya?

 

Media Inggris melaporkan pada 13 April 2013 yang lalu, suatu keajaiban terjadi di Kroasia di mana seorang gadis berusia 13 tahun tiba-tiba tidak sadarkan diri selama kurang lebih 24 jam tanpa  sebab yang jelas.

 

Dokter menduga kemungkinan disebabkan oleh demam yang tinggi. Setelah siuman ia tak bisa lagi berbicara dengan bahasa ibu/Kroasia. Selain itu ia menolak menggunakan bahasa Kroasia, tetapi menjadi fasih berbahasa Jerman dan menggunakannya dalam komunikasi dengan orang.

 

Orang tua gadis menyebut bahwa putrinya itu baru mulai belajar bahasa Jerman sebelum kejadian tak sadarkan diri dan masih jauh dari fasih. Sekarang putrinya itu sudah tidak memahami bahasa Kroasia. Rumah sakit sampai menggunakan jasa seorang juru bahasa untuk mendampingnya agar dapat berkomunikasi dengan orang tua, anggota keluarga atau dokter.

 

Dokter psikiater rumah sakit yang menangani gadis itu mengatakan bahwa kasus yang sama pernah terjadi terhadap seorang yang baru sadar dari keadaan koma kemudian mampu berbahasa asing. Bahkan ada pasien yang tiba-tiba menggunakan bahasa Babilonia kuno dan Mesir kuno.

 

Sesungguhnya, para medis masih belum bisa menjelaskan mengapa seseorang bisa tiba-tiba lupa terhadap bahasa ibu lalu berganti fasih berbahasa asing.

 

Sebelumnya juga ditemukan kasus serupa di Inggris, seorang gadis yang siuman dari pingsan atas suatu kecelakaan lalu lintas tiba-tiba saja mulai menggunakan dialek Portugal abad ke 17, melupakan identitas dirinya dan bersikeras mengatakan bahwa ia adalah seorang wanita asal Portugal yang hidup pada 300 tahun lalu. Ia juga menyebutkan nama dan alamat tinggalnya waktu itu. Anehnya, polisi menemukan apa yang dikatakan oleh gadis itu tak satupun yang melenceng.

 

Fenomena

 

Media Inggris pada 20 April 2013 memberitakan bahwa suatu fenomena yang sulit dijelaskan telah terjadi pada seorang wanita Inggris yang berbicara dengan logat Tiongkok setelah mengalami penyakit migren yang parah. Walau ia belum pernah mengunjungi Tiongkok.

 

Wanita Inggris ini bernama Sarah Colwill berusia 35 tahun, berasal dari kota Plymouth. Menurut pengakuannya, ia sudah tinggal di Plymouth sejak berumur 18 bulan dan sudah berbicara dengan aksen seperti penduduk setempat. Namun setelah serangan migren yang hebat dan dibawa ke rumah sakit menggunakan mobil ambulan, para perawat yang berada dalam mobil menemukan Sarah berbicara seperti orang Tiongkok. Awalnya ia merasa terganggu oleh perubahan logat itu karena tahu bahwa logat baru itu bukan suara aslinya. Di Shiyan Hubei, Tiongkok seorang balita 3 tahun bernama Wang Chichen tiba-tiba dapat melafalkan lebih 2000 karater Tiongkok.

 

Anak ajaib ini tidak pernah mendapatkan ajaran yang sistematis dari ibunya. Menurut ibunya yang bernama Ke Youping bahwa ia pun tidak pernah melakukan pendidikan pra lahir ketika mengandung anak ini. Sebelumnya, Wang Chichen kurang bisa berbicara sehingga tidak pernah memanggil ‘papa’ atau ‘mama’, khawatir terjadi suatu gangguan maka keluarga membawanya ke rumah sakit untuk pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging), namun tidak menemukan adanya kelainan.

 

Tak lama kemudian ayahnya menemukan Chichen dapat melafalkan karakter China. Ia lalu menulis 2000-3000 karakter yang berbeda di atas 4 kardus bekas untuk mengetahui apakah Chichen mengenali karakter-karakter itu.

 

Hasilnya di luar dugaan, ia dapat melafalkan semua karakter itu kecuali (pan) dan (qiong). Seorang pelaku spiritual menyebutkan bahwa anak ini memiliki ingatan dari kehidupan sebelumnya.

 

Hal serupa juga terjadi di Tiongkok, nona Zhou Jing yang mengaku bahwa ia dapat mengerti pembicaraan orang dewasa dan memahami banyak hal sejak masih bayi, tetapi mungkin disebabkan oleh perkembangan yang belum sempurna dari pita suara dan bagian otak sehingga “membisu” sampai berusia 3 tahun.

 

Ia masih ingat ketika berada dalam kandungan ibunya, bahwa ia membawa sejumlah ingatan untuk kehidupan kali ini. Sebuah fenomena aneh yang sulit untuk dijelaskan oleh komunitas ilmiah. Memaksa manusia untuk mengakui adanya kelahiran berulang dan bawaan yang berupa “ingatan” masa lampau.

 

Sampai saat ini dunia kedokteran maupun ilmiah belum mampu memberikan penjelasan yang tepat. Sedangkan masyarakat mengklasifikasikannya sebagai hal-hal supranatural. Sebab ilmu pengetahuan manusia belum bisa menjangkaunya.

About springocean83

I'm a quiet shy man who have soft feeling but can be hot and have more attention if meet anyone who honest and have more understanding of each other. I like travelling, swimming and reading. The most bored thing for me is PARTY because I'm a personal who like peaceful and equanimity.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s