Senyawa Tertentu Dikaitkan dengan Kanker Payudara [Padahal Banyak Dipergunakan dalam Kehidupan Sehari-hari]

Standar

Senyawa – senyawa tertentu yang umum ditemukan dalam kehidupan sehari-hari telah diketahui menyebabkan kanker payudara pada tikus laboratorium dan mungkin menyebabkan hal sama pada perempuan.

 

Para periset AS mengatakan hal itu dalam sebuah laporan yang disiarkan jurnal Environment Health Perspectives, Senin (12/5).

 

Laporan itu mencantumkan 17 zat kimia yang harus dihindari dan menawarkan advis kepada perempuan tentang cara-cara meminimasi paparan senyawa tersebut.

 

Senyawa-senyawa tersebut termasuk zat kimia dalam bensin, solar dan gas buangan kendaraan lain, zat memperlambat kobaran api, barang tekstil anti noda, penghapus cat, dan produk   disinfektan dalam air minum.

 

Pengarang studi tersebut Ruthann Rudel, direktur riset dari Silent Spring Institute berujar bahwa studi itu memberikan peta jalan bagi pencegahan kanker payudara dengan mengidentifikasi zat-zat kimia prioritas tinggi yang pada umumnya terpapar pada perempuan dan menunjukkan cara mengukur paparan itu.

 

Dia menambahkan bahwa informasi ini akan memandu upaya – upaya mengurangi paparan terhadap senyawa – senyawa yang terkait kanker payudara, dan membantu para periset meneliti bagaimana wanita terpengaruh.

 

Sebagian dari sumber – sumber terbesar karsinogen payudara dalam lingkungan itu adalah benzene dan butadiene, yang bisa berasal dari gas buangan kendaraan, peralatan pemotong rumput pekarangan, asap tembako dan makanan gosong.

 

Berbagai konsen lain adalah zat pelarut kebersihan seperti methylene chloride, zat – zat farmasi yang digunakan dalam terapi pengganti hormon, sejumlah zat kimia pelambat kobaran api, senyawa dalam tekstil anti noda dan lapisan nonstik dan styrene yang berasal dari asap tembakau dan juga digunakan untuk membuat busa Styrofoam, ungkap studi tersebut.

 

Karsinogen juga dapat ditemukan dalam air minum, papar periset.

 

Wakil ketua tim riset Julia Brody memaparkan bahwa setiap perempuan di Amerika telah terpapar pada senyawa – senyawa yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Dia menambahkan bahwa sayangnya, hubungan antara senyawa – senyawa beracun dan kanker payudara pada umumnya tidak digubris. Padahal mengurangi paparan senyawa dapat menyelamatkan banyak jiwa perempuan.

 

Brody menggambarkan laporan tadi sebagai yang pertama mendaftar secara komprehensif berbagai karsinogen payudara yang potensial dan merinci cara – cara bagi para pakar untuk mengukurnya pada darah dan air seni perempuan.

 

Studi itu juga merekomendasi tujuh cara bagi wanita untuk menghindari senyawa-senyawa ini :

 

1. Batasi paparan terhadap gas buangan kendaraan atau generator, jangan bermalas – malas dalam mobil anda dan gunakan alat pemotong rumput listrik, alat peniup daun dan pemukul  rumput daripada mesin yang mengandalkan bensin.

 

2. Gunakan kipas ventilasi saat memasak dan batasi kegosongan makanan yang anda makan.

 

3. Jangan beli perabotan yang memakai busa polyurethane, atau minta perabotan yang tidak diberi obat  retardan kobaran api.

 

4. Hindari permadani, perabotan dan kain anti noda.

 

5. Jika menggunakan  alat dry-cleaner, cari yang tidak menggunakan PERC (perchloroehylene) atau zat pelarut lain. Mintalah “alat pembersih basah”.

 

6. Gunakan filter atau saringan air minum carbon block yang solid.

 

7. Jauhkan senyawa – senyawa dari rumah anda dengan melepaskan sepatu di pintu, gunakan alat vakum dengan filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) dan pembersihan dengan kain lap dan alat pengepel.

 

Riset itu didanai oleh Avon Foundation. Silent Spring Institute merupakan sebuah organisasi berusia 20 tahun yang beranggotakan para profesor bidang lingkungan dan kesehatan wanita.

About springocean83

I'm a quiet shy man who have soft feeling but can be hot and have more attention if meet anyone who honest and have more understanding of each other. I like travelling, swimming and reading. The most bored thing for me is PARTY because I'm a personal who like peaceful and equanimity.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s