Power Bank : Kegunaan dan Tips Memilih

Standar

Mengapa harus memiliki Power Bank? Semakin canggih gadget semakin boros baterainya, karena kebutuhan untuk me-load fitur-fitur. Di tengah-tengah pemakaian atau perjalanan, baterai gadget habis, pasti tidak mengasyikkan. Ini memusingkan karena mengganggu aktivitas. Apalagi bagi para adventure travelers atau siapapun yang suka membawa smartphone atau tablet jauh di aktivitas luar ruangan, di tengah belantara hutan atau lembah dimana butuh mengabadikan momen indah, baterai habis, wahh! Nah, maka pastinya butuh portable charger.

 

Sayangnya, cukup banyak pembeli merasa rugi dengan portable charger yang sudah dibeli, Power bank yang dibeli ternyata tidak cocok dengan baterai gadget yang dimiliki, ada juga yang dalam waktu cepat rusak. Uang pun terbuang sia-sia. Lalu, bagaimana memilih power bank yang baik agar tidak rugi?

 

1.  Pahami gadget yang dimiliki dan kapasitas Power Bank

 

Ini yang paling penting. Harus mengetahui dengan pasti kapasitas baterai gadget yang dimiliki. Jangan sampai  membeli powerbank yang memiliki daya lebih kecil dari daya baterai gadget. Sebagai contoh, iPhone 4S menggunakan baterai dengan daya 1.432 mAh. Untuk dapat mengisi baterai iPhone 4S sampai penuh, membutuhkan power bank dengan daya minimal 1.432 mAh. Apabila ingin dua kali charge, minimal harus menggunakan powerbank dengan daya minimal 2.864 mAh. Jika sering bepergian, disarankan menggunakan power bank dengan kapasitas daya tinggi, misal 5600 mAh.

 

2.  Perhatikan fitur Power Bank  

 

Beberapa pengguna mungkin menganggap bahwa Power Bank hanya sebagai sarana pengisian baterai semata, padahal beberapa Power Bank memiliki fitur yang berkaitan dengan gadget. Oleh karena itu pilihlah Power Bank yang memiliki fitur :

  • Perlindungan dari arus pendek. Seperti yang diketahui, kebakaran kerap kali terjadi akibat arus pendek. Pilih power bank yang memiliki fitur memutus listrik ketika arus pendek terjadi.
  • Perlindungan dari overcharge. Belilah power bank yang bisa otomatis akan memutus aliran listrik ketika pengisian baterai sudah penuh, karena overcharge tentunya akan memperpendek umur baterai baik baterai power bank atau baterai gadget.
  • Perlindungan dari temperatur tinggi. Ini untuk mendeteksi ketika temperatur power bank terlalu tinggi saat melakukan pengisian daya.

 

3.  Perhatikan Sel Baterai dari Power Bank

 

Pastikan baterai pada power bank asli, bukan refurbish. Kelengkapan. power bank harus memiliki kabel A/C, kabel konektor, lampu indikator dan kelengkapan lain yang menunjang kinerja power bank yang dibeli.

Iklan

About springocean83

I'm a quiet shy man who have soft feeling but can be hot and have more attention if meet anyone who honest and have more understanding of each other. I like travelling, swimming and reading. The most bored thing for me is PARTY because I'm a personal who like peaceful and equanimity.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s