Jenis Makanan yang Dapat Memperlancar BAB

Standar

Sulit buang air besar bisa menimbulkan masalah yang sangat banyak bagi kesehatan, terutama bagi pelaku diet. Memperlancar buang air besar memiliki banyak keuntungan diantarnya mencegah perut buncit, mencegah pertumbuhan bakteri di usus, mengurngi risiko kanker usus, dan membantu mengontrol berat badan. Untuk memperlancar buang air besar anda perlu mengubah gaya hidup dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur serta melakukan olahraga secara teratur.

 

Salah satu cara melancarkan agenda ke belakang adalah dengan memilih makanan yang tepat. Ada beberapa makanan yang dapat membantu sistem pencernaan Anda :

Plum

Sebuah prune tunggal alias plum kering memiliki sekitar 1 gram serat, cukup kuat dan tepat untuk membantu Anda mengurangi konstipasi itu. Gula dalam prune, fruktans dan sorbitol juga memiliki efek pencahar.

 

Kiwi

Secangkir kiwi memberi Anda 5 gram serat, juga memberi tubuh sifat pelunakan feses dan anti-oksidan dari kandungan vitamin C.

 

Tomat

Meski banyak yang menggolongkannya sebagai sayuran, namun tomat sebenarnya merupakan golongan buah yang mengandung serat tinggi. Selain itu, tomat juga sangat baik untuk kesehatan fungsi hati. Kombinasi kedua manfaat tersebut membuat tomat sangat berkhasiat melancarkan buang air besar.

 

Alpukat

Buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi, yakni sekitar 2,2 gram serat setiap 100 gram beratnya. Jadi sangat baik untuk melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit.

 

Pepaya

Buah ini sering digunakan masyarakat sebagai buah pelancar buang air besar. Hal ini tidak salah karena pepaya sangat membantu proses pencernaan sekaligus melancarkan saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, pepaya memiliki banyak khasiat buat kesehatan, di antaranya merupakan antioksidan, antikanker dan mempercepat penyembuhan luka.

 

Melon

Selain semangka, buah ini termasuk buah yang mengandung kadar air sangat tinggi sehingga sangat baik untuk mencegah dehidrasi dan melancarkan buang air besar. Lebih dari itu, buah ini mampu menetralkan keasaman tubuh terutama pada lambung yang dapat menjadi kendala dalam proses pencernaan.

 

Mangga

Buah mangga kaya akan vitamin dan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, buah ini juga berfungsi untuk mencegah dehidrasi dengan kandungan air di dalam buahnya. Yang terpenting lagi, buah ini berkhasiat melancarkan proses pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

 

Buah Naga

Dalam beberapa tahun belakangan ini, buah naga naik daun sebagai buah multi manfaat. Selain rasanya yang khas, buah ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan aneka vitamin yang baik untuk kesehatan. Tentu saja buah ini juga membantu dalam urusan melancarkan pencernaan. 

 

Stroberi dan Aneka Buah Beri Lainnya

Golongan buah ini dikenal sebagai buah yang mengandung jenis serat yang baik untuk kesehatan. Selain itu, buah ini cenderung memiliki kalori yang rendah. Akan tetapi jika dikeringkan dan dijadikan manisan, buah ini menjadi berkalori tinggi.

 

Jeruk

Satu jeruk tidak hanya memiliki serat 4 gram dengan hanya 86 Kalori tetapi juga mengandung naringenin, sebuah flavonol dengan sifat pencahar.

 

Belimbing

Buah yang jarang ada di pasaran namun sering dicari masyarakat ini memiliki rasa yang segar dengan perpaduan manis dan sedikit asam. Selain kaya vitamin, buah ini juga memiliki kandungan berbagai macam serat. Oleh sebab itu, buah ini juga berkhasiat memperlancar buang air besar, menurunkan kolesterol dan sebagai terapi penyembuhan beberapa macam penyakit.

 

Nanas

Buah ini memiliki kandungan serat sebanyak 1 gram setiap 100 gram beratnya. Buah ini bisa membantu memudahkan pengeluaran feses dari dalam usus dan bahkan mengatasi gangguan kesehatan lainnya.

 

Apel

Buah ini dikenal sebagai buah yang kaya serat, terutama apel merah. Serat yang terkandung dalam apel merah termasuk serat larut dalam air, kalium dan asam organik. Sedangkan serat pada kulitnya termasuk serat larut dalam makanan. Mengkonsumsi apel merah sangat bermanfaat dalam membuat feses lebih lunak, mengurangi lemak jahat dan melancarkan buang air besar.

  

Biji rami

Satu sendok makan biji rami tanah mengandung 2 gram serat. Untuk mengonsumsinya juga mudah sekali, taburkan ke atas smoothie, sereal sarapan atau bahkan salad atau kacang-kacangan.

 

Popcorn saat tersumbat

Secangkir berondong jagung memberi Anda serat 3 gram hanya dengan 93 kalori, ditambah rasa asin membantu mencegah kecanduan akan keripik.

 

Oatmeal

Gandum untuk sarapan memberi Anda lebih dari sekedar mengurangi kolesterol. Setengah cangkir gandum (kering) mengandung 2 gram masing-masing serat larut dan tidak larut. Bersama-sama, mereka mengeluarkan tinja, melunakkan dan membantu meredakan konstipasi.

 

Kacang

Jadi secangkir kacang-kacangan menyediakan hampir dua kali lipat serat. Kacang juga sangat serbaguna sehingga bisa ditambahkan dalam masakan, salad dan sup.

 

Yogurt

Sementara kebanyakan ahli menyarankan agar Anda menjauh dari produk susu jika mengalami konstipasi, yogurt adalah pengecualian. Bakteri probiotik alias lactobacillus di dalamnya akan membantu Anda pergi secara teratur ke toilet.

 

Kopi

Kafein adalah stimulan sehingga bisa menyebabkan Anda mengalami buang air besar. Tapi hati-hati Anda tidak perlu banyak kopi sebab kopi membuat Anda dehidrasi dan memperburuknya.

 

Selain itu, ada banyak makanan lain yang dapat Anda masukkan ke dalam makanan harian Anda untuk memastikan bahwa Anda tidak kekurangan komponen pembersihan usus yang penting, yaitu serat. Seperti beras merah, kacang polong atau kacang-kacangan.

 

Dan tentu saja air dan teh hijau. Jadi ingatlah untuk makan dengan benar, minumlah banyak air, pergilah saat Anda perlu dan tentu saja, olahraga jangan lupa, seperti dilansir dari Lifehack.

Iklan

About springocean83

I'm a quiet shy man who have soft feeling but can be hot and have more attention if meet anyone who honest and have more understanding of each other. I like travelling, swimming and reading. The most bored thing for me is PARTY because I'm a personal who like peaceful and equanimity.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s