Bahaya Konsumsi Jeruk Bersamaan Dengan Obat

Standar

Jeruk dengan kandungan vitamin C yang tinggi, nyatanya tidak selalu dapat bekerja dengan baik untuk tubuh. Terlebih saat Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan. Buah ini justru dapat mengganggu penyerapan obat dan bahkan bisa mematikan.

 

Para dokter di Lawson Health Research Institute, London, pun memberikan peringatan tentang masalah kesehatan serius yang bisa disebabkan oleh konsumsi jeruk dan obat secara bersamaan. Demikian juga dengam obat-obatan yang menggunakan campuran jeruk.

 

Dilansir Daily Mail, selama empat tahun terakhir ini, jumlah obat yang mengandung jeruk jenis grapefruit (jeruk besar berkulit oranye dengan daging merah keunguan seperti anggur dan berasa asam) justru mengalami peningkatan hingga dua kali lipat setiap tahunnya. Obat-obatan ini termasuk statin (obat kolesterol), antibiotik, antidepresan, obat untuk mengobati kanker dan penyakit jantung, juga obat-obatan yang digunakan para pasien yang memiliki transplantasi organ.

 

Jeruk jenis grapefruit yang mengandung senyawa furanokumarin, disebut dapat mengganggu hati dan menyerap enzim sitokrom P450 isoform CYP3A4 di dinding usus kecil. Hasil penelitian dari University of Western Ontario juga menunjukkan bahwa jus grapefruit meningkatkan absorpsi (penyerapan) obat-obatan tertentu serta mengubah dosis normal menjadi dosis berlebihan sehingga berpotensi overdosis. Pada beberapa jenis obat, jeruk juga dapat menurunkan efektifitas obat, sehingga pasien tidak mendapatkan manfaat banyak dari dosis yang dianjurkan.

 

Dr David Bailey menjelaskan beberapa gangguan serius yang diakibatkan oleh jeruk ini, seperti kematian mendadak, gagal ginjal akut, gagal pernafasan, dan pendarahan gastrointestinal.

 

“Banyak obat yang tidak dapat berinteraksi baik dengan jeruk. Penggunaan jeruk dalam bahan obat pun memberikan efek samping serius, yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.”

About springocean83

I'm a quiet shy man who have soft feeling but can be hot and have more attention if meet anyone who honest and have more understanding of each other. I like travelling, swimming and reading. The most bored thing for me is PARTY because I'm a personal who like peaceful and equanimity.

Satu tanggapan »

  1. When I initially commented I clicked the “Notify me when new comments are added” checkbox and now each
    time a comment is added I get several emails with the same
    comment. Is there any way you can remove me from that service?
    Bless you!

  2. An outstanding share! I have just forwarded this onto a coworker who had been conducting a
    little research on this. And he actually ordered me breakfast because I found it
    for him… lol. So let me reword this…. Thanks
    for the meal!! But yeah, thanx for spending the time to talk about this issue here on your internet
    site.

Tinggalkan komentar